Archive for Article

Murah Ternyata Nggak Mudah!

diskon tiket murahTahun 2012 ini banyak libur nasional yang berjejer dengan hari Sabtu dan Minggu, yang artinya: Libur Panjang! Di bulan Januari libur Imlek salah satunya, yang jatuh dihari Senin. Memanfaatkan libur panjang saya nge-trip ke Semarang kali ini. Trip dengan budget seminimal mungkin. Seminggu sebelumnya saya pesan tiket kereta ekonomi Tawang Jaya jurusan Jakarta – Semarang, yang ternyata sudah habis hampir 2 minggu sebelumnya, baik itu dari stasiun Tanah Abang maupun dari stasiun Ps. Senen. Akhirnya saya beli tiket kereta ekonomi tujuan Tegal seharga IDR 15.000/tiket di stasiun Ps. Senen, rencananya dari Tegal saya lanjutkan dengan bus atau kereta-kereta yang melintas antara Tegal dan Semarang. Padahal kalau langsung ke Semarang dengan kereta Tawang Jaya cuma IDR 33.500/tiket. Read the rest of this entry »

Advertisements

Comments (2)

Mau Buat Paspor? Antri !

Passport Republic of IndonesiaIni kali kedua saya membuat paspor. Buat lagi bukan karena habis halaman, tapi karena habis masa berlaku. Itupun capnya hanya dari 2 negara, Indonesia dan Filipina. Dulu waktu membuat paspor yang pertama saya tinggal datang ke kantor imigrasi, duduk, diajak ketemu pejabat kantor imigrasi, ngobrol sebentar, kemudian nunggu antrian untuk foto dan ambil sidik jari. Selesai dalam 1 hari, karena ada yang bantu mengurus. Untuk paspor yang kedua ini saya coba untuk mengurus sendiri. Mau merasakan pengalamannya dan tentu untuk menghemat pengeluaran.

Hari pertama datang ke kantor imigrasi sudah agak siang, sekitar jam 9. Ternyata jam segitu nomor antrian sudah habis. Lalu tanya petugas imigrasi, saya sudah daftar online, sudah upload berkas dan segala macemnya, kemudian saya tunjukkan hasil print nomor berkas yang sudah diupload. Eh, petugasnya bilang “disini prosedurnya masih sama seperti yang dulu mas, ngantri, pake berkas asli”. Duh, capek deh! udah ada sistem online yang memudahkan, tapi masih aja pakai sistem manual. Padahal saya baca di internet kalau kantor imigrasi Jakarta Selatan sistemnya sudah online. Tangerang..oh..Tangerang. Daripada nggak ada hasil akhirnya cuma beli formulir, map berlogo kantor imigrasi kelas 1 Tangerang, dan sampul paspor (optional). Read the rest of this entry »

Comments (11)

Aku Cinta Indonesia Detik.com

Logo ACIACI detikcom. Apasih ACIdetikcom? ACI sendiri akronim dari Aku Cinta Indonesia. Program ini diselenggarakan oleh www.detik.com. Awalnya saya juga tak tau program ini, tiba-tiba teman-teman di kampus banyak yang daftar, dan saya  pun ikutan daftar. Lagipula pendaftarannya tak terlalu susah, hanya diminta menulis wilayah Indonesia mana yang paling ingin dikunjungi dan apa yang menjadi alasannya.

Pendaftaran pertama saya dengan email yahoo tidak dikonfirmasi oleh pihak detik.com, beberapa hari kemudian saya putuskan untuk mendaftar lagi dengan akun gmail. Pada pendaftaran kedua ini saya mendapat balasan dari pihak detik.com. Beberapa minggu kemudian saya mendapat email dari detik.com bahwa saya masuk ke peringkat 1000 besar, dan untuk masuk ke 500 besar peserta harus mengirimkan jawaban dari 3 pertanyaan yang diberikan detik.com pada email yang sama. Alhamdulillah, pada tahap ini saya juga masuk, setelah beberapa hari sebelumnya menanti-nantikan pengumuman dengan spekulasi yang tak jelas dari beberapa teman. Read the rest of this entry »

Comments (3)

Nasi Goreng campur Ikan Teri

Nasi Goren Ikan Teri ala dHarto..

Nasi Goren Ikan Teri ala dHarto..

Hari Minggu kemarin seharian dirumah nggak kemana-mana. Cuma nonton tivi yang acaranya isinya cuma jalan-jalan wisata sama makan-makan. Maklumlah, aku suka jalan-jalan, jadi seneng banget kalo ada acara jalan-jalan wisata gitu apalagi kalo ada makanan baru yang khas suatu daerah.

Sambil nonton tivi sambil makan cemilan, mulai dari peyek, kerupuk ikan, sampe apel dan markisa yang ada dikulkas.

Semakin sore makanan semakin berkurang, tapi rasanya masih pengen makan. Karena dah lama nggak masak, akhirnya aku pikir “buat nasi goreng enak kali ya!!”. Aku kasih nama nasi goreng ini “Nasi Goreng campur Ikan Teri”. Mungkin teman-teman ada yang mau buat nasi goreng, nih aku kasih resepnya untuk 1 porsi:

Read the rest of this entry »

Comments (9)

Ketupat, Lebaran dan Opor Ayam

Setiap Hari Raya Idul Fitri pasti nggak afdhol rasanya kalau nggak ada makanan yang satu ini, “Ketupat”. Ya, Kenapa Idul Fitri atau Lebaran bagi orang Indonesia selalu identik dengan ketupat?

Mungkin makna yang melekat pada ketupatlah yang membuat penganan berbahan dasar beras dan janur ini menjadi hidangan wajib saat Lebaran. Apa saja makna ketupat hingga setiap Lebaran selalu tersaji makanan ini?

1. Ketupat terbuat dari beras yang di bungkus janur

Beras ternyata merupakan simbol dari nafsu dunia, sedangkan janur merupakan kependekan dari “jatining nur” atau bisa diartikan hati nurani. Jadi ketupat itu simbol dari nafsu dunia yang bisa ditutupi oleh hati nurani. Pesannya kurang lebih setiap manusia itu punya hawa nafsu, tetapi nafsu itu bisa dikendalikan atau dikekang oleh hati nurani.

Bentuk persegi ketupat juga diartikan masyarakat Jawa sebagai perwujudan kiblat papat limo pancer. Ada yang memaknai kiblat papat limo pancer ini sebagai keseimbangan alam: 4 arah mata angin utama, yaitu timur, selatan, barat, dan utara. Akan tetapi semua arah ini bertumpu pada satu pusat (kiblat). Bila salah satunya hilang, keseimbangan alam akan hilang. Begitu pula hendaknya manusia, dalam kehidupannya, ke arah manapun dia pergi, hendaknya jangan pernah melupakan pancer (tujuan): Tuhan yang Maha Esa. Read the rest of this entry »

Comments (13)

Dampak Perubahan Iklim

Indonesia mulai merasakan dampak pemanasan global (global warming), yang dibuktikan dari berbagai perubahan iklim maupun bencana alam yang terjadi.

Dampak pemanasan global itu diantaranya, terjadinya perubahan musim di mana musim kemarau menjadi lebih panjang sehingga menyebabkan gagal panen, krisis air bersih ataupun kekeringan dan kebakaran hutan.

Lebih lanjut, pemanasan global telah memicu terjadinya perubahan iklim (climate change) yang berdampak timbulnya berbagai wabah penyakit, seperti malaria dan demam berdarah.

Dampak lainnya yaitu hilangnya berbagai jenis flaura dan fauna khususnya di Indonesia yang memiliki aneka ragam jenis seperti pemutihan karang seluas 30% atau sebanyak 90-95% karang mati di Kepulauan Seribu akibat naiknya suhu air laut.

Penelitian dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) menyebutkan, Februari 2007 merupakan periode dengan intensitas curah hujan tertinggi selama 30 tahun terakhir di Indonesia. Hal ini menandakan perubahan iklim yang disebabkan pemanasan global.

Indonesia yang terletak di equator merupakan negara yang pertama sekali akan merasakan dampak perubahan iklim ini. Read the rest of this entry »

Comments (10)

Knowledge Economy dan Produk Budaya

Referensi wikipedia menyebutkan bahwa knowledge economy adalah sebuah istilah yang terkait pada ekonomi yang bertumpu pada produksi dan manajemen yang masih dalam kerangka ekonomi yang berbasis pengetahuan.

“The knowledge economy is a vague term that refers either to an economy of knowledge focused on the production and management of knowledge in the frame of economic constraints, or to a knowledge-based economy.”

Knowledge economy sendiri tidak dapat dipisahkan dari knowledge sebagai suatu produk dan ekonomi sebagai pendukungnya, karena keduanya saling berhubungan. Read the rest of this entry »

Comments (6)

%d bloggers like this: