Go Show di Phuket

Wat Chalong

Wat Chalong, Phuket

Trip tanpa itinerary yang jelas ini berawal dari Kuala Lumpur. hari Rabu 27 Maret 2013 pukul 10 malam pesawat mendarat di Phuket International Airport. Malam itu pilihannya antara menginap di bandara atau Phuket Town dan belum tentu dapat penginapan karena belum booking.

Kami berlima joint dengan 3 traveler perempuan asal Jakarta yang baru kami kenal di Bandara Phuket dan 1 orang laki-laki Turki yang tinggal di Belanda tetapi punya usaha massage di Phuket. Tak satupun tarif taksi resmi malam itu yang wajar, rata-rata sudah dinaikkan 2 kali lipat sampai Atilla, si orang Turki, yang sudah sering ke Phuket adu mulut dengan si calo yang sok preman. Petugas konter pun hanya diam saja, karena mungkin “klik” dengan para calo. Akhirnya kami memilih naik van bandara ke Patong dengan tarif 1.400 baht untuk 9 orang dan masih sisa beberapa kursi kosong.

Trip go show ini berujung ke Tropicana Inn di Nanai Road. Kami dapat dua kamar untuk 5 orang seharga 1.550 baht, itupun setelah tawar menawar.

Trip Group

Hari berikutnya 28 Maret 2013, kami join lagi dengan 3 traveler perempuan asal Jakarta yang ketemu di bandara, sewa van seharga 2.000 baht untuk city tour di Phuket sehari penuh. Kali ini tanpa Atilla. Kalau dihitung, harganya sudah termasuk murah untuk tur seharian dengan van yang full AC, bandingkan jika harus menyewa 4 motor di cuaca Phuket yang cukup panas saat siang hari.

Rute Phuket City Tour:
1. Karon Beach (hanya lewat)
2. Karon View Point
3. Big Buddha
4. Wat Chalong
5. Phuket Expo
6. Patong O-Top
7. Banzaan Fresh Market

Karon View Point

Karon View Point

Wat chalong cukup menarik untuk beberapa spot foto, tapi siang hari di Wat Chalong sungguh menyengat. Tak lama di Wat Chalong karena cuaca yang cukup terik, trip dilanjutkan restoran seafood di pinggir pantai untuk makan siang. Harganya sedikit agak mahal untuk kami yang go show di Phuket tanpa itinerary ini.

Trip Group 2

Phong Phang Seafood Resto

Lokasi Patung Big Buddha ada di puncak bukit. Saat itu, lapisan terluar patung yang berupa kepingan batu granite belum semuanya selesai di lem pada patung Buddha tersebut.

Big Buddha of Phuket

Big Buddha, Phuket

Karena kami menyewa Van, jadilah kami dibawa oleh pemilik van yang ikut menjadi tour guide kami ke sebuah toko perhiasan. Mungkin ini SOP untuk perusahaan penyewaan kendaraan yang selalu membawa tamunya ke toko perhiasan. Biasanya mereka akan dapat bonus jika ada tamu mereka yang membeli produk di toko tersebut. Tak satupun dari kami yang tertarik dengan perhiasan-perhiasan dengan harga mencekik ini. Kami hanya menikmati hawa sejuk di dalam ruangan yang ber-AC sembari menyeruput ice lemon tea gratis yang sudah disediakan toko untuk para tamu yang datang.

Phuket Square

Phuket Square

Sore harinya kami menuju Phuket Expo dan Patong OTop. Patong Otop berhadapan dengan pantai Patong ini menjual berbagai pernak-pernik suvenir khas Thailand. Walaupun yang berjualan ada yang dari warga Myanmar.

Patong Otop Shopping

Patong Otop Shopping Paradise

Dari Patong O-Top, untuk tujuan terakhir, sekitar pukul 8 malam kami di drop di Banzaan Fresh Market. Disini adalah tempatnya street food. Di pasar yang buka sampai pukul  22.30 ini, banyak penjual makanan di gerobak-gerobak.

Banzaan Night Market 4

Banzaan Night Market

Saya lebih memilih membeli Pad Thai, karena penjualnya memakai kerudung, yang berarti makanan yang dijual aman untuk saya makan. Saat memesan Pad Thai, saya menggunakan bahasa Inggris, tapi ternyata jawabannya menggunakan bahasa Melayu dialek Thailand Selatan. Ternyata kampungnya memang di Thailand selatan dekat perbatasan Malaysia. Kalau soal street food, Banzaan memang tempatnya. Tapi untuk souvenir lebih banyak dan lebih murah di Patong O-top.

Banzaan Night Market 3

Pad Thai Seller

Malam kedua, kami memilih pindah ke Sarang Bang Inn dekat Hardrock Cafe Patong, karena harga kamar dormitorynya hanya 200 baht/orang, jauh lebih murah dan lebih dekat ke pusat keramaian Patong daripada Tropicana Inn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: