Istana Air Taman Sari

taman sari jogja

Libur Natal tahun 2011 lalu saya ke Jogja. Tadinya mau ke Benteng Vredeburgh dan Istana Air Taman Sari. Walau seringkali  lewat 2 tempat itu kalau lagi di Jogja, tapi saya belum pernah masuk. Libur kali ini saya hanya sempat ke Istana Air Taman Sari. Benteng Vredeburgh mungkin lain kali kalau ke Jogja lagi. Taman Sari tak jauh dari Keraton Jogja, jalan kaki pun bisa. Tiket masuknya IDR 3.000 untuk wisatawan lokal dan IDR 7.000 untuk wisatawan mancanegara.

Awalnya Taman Sari ini adalah sebuah umbul (mata air) yang digunakan Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengku Buwono I) untuk menentukan pendirian Keraton Ngayogyakarta tahun 1755. Kemudian Taman Sari dibangun tahun 1758-1765, sebagai pimpinan proyeknya Tumenggung Mangundipuro yang biayanya ditanggung oleh Bupati Madiun, untuk itu daerah Madiun dibebaskan dari kewajiban membayar pajak. Bangunan Taman Sari merupakan akulturasi budaya Eropa Portugis, Hindu, Jawa, dan China ini dikarenakan arsiteknya adalah seorang Portugis yang dikenal sebagai Demang Tegis. (wikipedia)

taman sari

Kebanyakan orang hanya tau kalau Taman Sari ya cuma bangunan kolam untuk pemandian keluarga keraton dijaman dulu yang dikenal juga sebagai Umbul Pasiraman. Kolam pemandian yang dikelilingi tembok tinggi ini terdapat dua gerbang, satu dibagian barat dan satu lagi dibagian timur yang sekarang difungsikan sebagai pintu masuk ke kawasan Taman Sari. Namun ternyata Taman Sari pada masanya cukup luas, sekitar 10 hektar yang terdiri dari gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan, pulau buatan, termasuk lorong bawah air.

gedhong kenongo

Banyak bangunan di Taman Sari yang sudah tak utuh lagi apalagi setelah gempa tahun 2006 lalu, tapi sekarang Taman Sari sudah mulai mengalami banyak perbaikan dan renovasi. Padahal sebelum tahun 2000 setiap kali saya lewat tempat ini bangunannya terlihat tak terawat dengan banyaknya lumut yang menghitam ditembok-temboknya sehingga terkesan mistis.

Dari sekian banyak bangunan di Taman Sari, yang paling banyak dikunjungi dan diabadikan fotonya adalah kolam pemandian. Anda dapat melihat Taman Sari lebih nyata disini.

taman sari lama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: