Low Budget Traveling

discount promoJalan-jalan? Butuh banyak uang? nggak juga. Banyaknya tiket murah dan tiket promosi dari beberapa maskapai penerbangan sekarang ini memudahkan kita untuk pergi kemanapun. Baik itu di dalam negeri maupun ke luar negeri. Ditambah lagi dengan dihapuskannya pajak fiskal oleh pemerintah bagi orang yang akan bepergian ke luar negeri. Kalau dulu untuk keluar negeri saja seseorang harus membayar pajak fiskal di bandara seharga IDR 1.000.000, tentu hal ini membuat masyarakat Indonesia berpikir ulang untuk bepergian keluar negeri. Biaya semahal itu kan bisa dialokasikan untuk hal lain seperti penginapan, transportasi dan makan selama perjalanan. Terlebih buat para budget traveler.

Walau dengan budget minim selama ini saya tetap bisa menikmati setiap perjalanan saya. Caranya adalah cari yang termurah dan terjangkau, misalnya cari penginapan yang paling murah namun tetap mengutamakan kebersihan atau bisa menumpang di tempat teman. Cari makan yang murah tapi tetap enak dan bergizi :p , gunakan angkutan umum yang terjangkau atau menumpang orang lain, dan banyak lagi tips jalan-jalan ala backpacker lainnya.

languagesDalam setiap perjalanan, saya selalu dengan beberapa orang teman. Selain bisa ngobrol selama perjalanan, saya juga bisa berbagi dengan teman seperjalanan. Misalnya berbagi biaya penginapan, berbagi biaya transportasi, berbagi makanan, berbagi tugas bertanya, dan berbagi yang lain. Tapi kalau jalan bersama teman usahakan untuk membatasi jumlahnya, antara 3 orang sampai 5 orang, jangan lebih. Idealnya 4 orang. Grup yang besar akan menyulitkan.

Takut nyasar? nggak perlu lagi takut nyasar selama perjalanan dilakukan di lokasi yang masih ada orang lain untuk ditanya.  Bagaimana dengan daerah atau negara yang bahasanya beda? Gunakan saja bahasa inggris semampunya toh kalau kepepet pasti bisa, nggak perlu malu kan orang nggak kenal ini. Kalau orang yang ditanya ternyata nggak bisa pakai bahasa Inggris, ya terpaksa gunakan bahasa yang universal yaitu bahasa tarsan.

budgetSebelum berangkat ke tempat tujuan, ada baiknya cari tahu biaya hidup di tempat tujuan seperti biaya transportasi umum, harga-harga makanan. Banyak sekali informasi yang bisa didapatkan dengan googling. Ini supaya kita dapat menyiapkan budget yang sesuai dengan keadaan daerah tujuan. Bawa juga uang cadangan kalau tidak punya kartu kredit atau untuk cadangan ketika ATM tidak bisa digunakan. Kalau ke negara lain, lebih baik bawa cadangan US Dollar. Selain praktis US Dollar juga lebih mudah ditukarkan dimanapun. Yang terpenting adalah masukkan ke dalam anggaran bulanan biaya untuk berjalan-jalan.

Bingung tidur dimana? Carilah losmen, penginapan, hostel, tidur dibandara, stasiun, atau food court. Untuk 3 yang terakhir itu gratis dan hostel terbilang cukup murah. Hostel ya (dengan S), bukan Hotel. Hostel ini istilah untuk hotel bagi para backpacker. Walau tak senyaman dan semewah hotel, bagi saya hostel sudah cukup bagus kalau hanya untuk numpang tidur saja. Banyak jenis hostel denga tipe kamar yang berbeda-beda. tidur di stasiunAda private room, ada shared room. Kalau perjalanan sendiri lebih baik memilih shared room. Selain lebih murah untuk sendiri, kita juga bisa kenalan dengan orang dari berbagai negara. Kalau jalan dengan teman, bisa memilih private room yang bisa diisi antara 3 sampai 4 orang. Penginapan atau hostel bisa dibooking online. Cari juga promo-promo penginapan atau hostel jika ada. Anda bisa cari / booking hostel di hostelworld, hostelbookers, hostels, atau agoda

Itinerary. Kalau waktu dan biaya kita terbatas, rencanakanlah perjalanan dengan baik untuk menghindari hilangnya waktu dan biaya dengan percuma. Banyak referensi yang bisa didapatkan dari internet tempat-tempat mana saja yang patut untuk dikunjungi. Cari juga informasi lainnya seperti harga tiket masuk, transportasi untuk mencapai lokasi tersebut, dan hal apa saja yang harus dilakukan di lokasi tujuaun wisata tersebut.

Dari semua tips diatas, intinya adalah googling dan berikut saya sertakan sekilas Itinerary ke Malaysia dan Singapura dalam 6 hari

Jadi, Rencanakan perjalanan dari sekarang dan Happy Traveling🙂

1 Comment »

  1. Angga said

    saya juga suka backpackr kok bang
    rutenya dari monas, museum gajah, istiqlal, istana negara, balik lagi ke museum gajah😀

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: