Bersenandung Sutera ke Singapura

Kereta Kuno di Tanjung Pagar

Lori Kuno di Stasiun Tanjong Pagar, Singapura

“Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui” sepenggal pepatah yang sering kita dengar disekolah dulu. Menerapkan pepatah tersebut, sekali melakukan perjalanan dua tiga negara disinggahi. Perjalanan kali ini memang berawal dari Kuala Lumpur di Malaysia, namun tak menghalangi niat saya menuju Singapura, negara kecil di ujung semenanjung Malaya.

KL Sentral

KL Sentral

Statsiun KL Sentral yang sudah terintegrasi dengan berbagai macam transportasi darat seperti Taxi, Bus, Kereta Listrik Komuter, Monorail, MRT, dan Kereta Api Antar Negara sangat memudahkan bagi penggunanya, terlebih untuk saya. Tak perlu lagi berjalan jauh untuk berganti moda transportasi yang menghubungkan berbagai kota di Malaysia dan beberapa negara tetangga seperti Thailand dan Singapura. Kecuali stasiun monorail yang masih berada tak jauh diluar gedung utama KL Sentral dan masih dalam tahap pembangunan untuk diintegrasikan dengan stasiun KL Sentral, semua sudah terhubung disatu gedung KL Sentral. KL Sentral sendiri  buat saya lebih terkesan seperti pusat perbelanjaan dengan berbagai macam kios didalamnya daripada sebuah stasiun terintegrasi. Nyaman untuk sekedar menunggu kedatangan kereta karena bersih, tak ada pedagang asongan, pengamen ataupun asap rokok.

Senandung Sutera

Gerbong Senandung Sutera

Tak sulit menuju Singapura melalui Kuala Lumpur. Selain dengan menggunakan Bus, bisa juga dengan menggunakan Kereta Api. Jadwal keberangkatan kereta api dari KL Sentral ada 3 kali dalam sehari, pagi, siang, dan malam hari. Sengaja saya ambil jadwal keberangkatan di malam hari untuk menghemat waktu perjalanan dan menghemat biaya penginapan. Ini karena didalam kereta yang bernama “Senandung Sutera” tempat untuk penumpang bukan berupa kursi untuk duduk melainkan tempat tidur bertingkat. Agar tak kehabisan, tiket saya beli pagi hari sesampainya di KL Sentral dari LCCT. Harga tiket untuk tempat tidur atas dan bawah pun berbeda, MYR 46 untuk tempat tidur bawah dan MYR 40 untuk tempat tidur atas. Tentu saja saya pilih yang atas.

Berangkat dari KL Sentral 28 April 2011 pukul 22.30 dan dijadwalkan tiba di Singapura jam 7.00 esok paginya. Sekitar pukul 6 pagi kereta berhenti di stasiun Johor Bahru, kota terakhir Malaysia yang berbatasan dengan Singapura. Kereta berhenti agak lama di stasiun ini karena setidaknya 2 petugas imigrasi Malaysia masuk ke setiap gerbong kereta untuk melakukan pengecekan  paspor para penumpang. Sekitar 45 menit kemudian kereta kembali melanjutkan perjalan ke Singapura melewati selat Johor. Di jembatan selat Johor ini terlihat banyak sekali kendaraan dari Malaysia yang menuju Singapura dipagi hari, terutama motor, mungkin warga Malaysia yang bekerja di Singapura.

woodlands check point

Woodlands checkpoint

Tak lama berjalan, kereta berhenti lagi di stasiun berikutnya, Woodlands, kali ini sudah sampai di wilayah Singapura. Semua penumpang turun dari kereta dan menuju ke gedung stasiun untuk proses imigrasi, prosesnya sama seperti imigrasi di bandara. Penumpang yang telah selesai proses imigrasi menunggu diruang tunggu, sampai semua penumpang selesai proses imigrasi memasuki Singapura. Ruang tunggu ini tanpa kursi, berpembatan kaca, dan di kedua sisinya terdapat toilet. Jadi hanya bisa berdiri atau sekedar berjongkok.

Stasiun Tanjung Pagar

Stasiun Tanjung Pagar

Tujuan akhir kereta Senandung Sutera ini adalah stasiun Tanjung Pagar di selatan Singapura, berjarak kurang lebih 30 menit dari Woodlands yang berada di utara negara ini. Dari stasiun Tanjung Pagar, perjalanan menuju ke daerah-daerah lain di Singapura  bisa dilanjutkan dengan Bus atau MRT yang halte dan stasiunnya tak jauh dari stasiun Tanjung Pagar. Keluar dari st. Tanjung Pagar, tujuan saya adalah Chinatown untuk mencari hostel. Dengan menggunakan bus kota nomor 80 seharga SGD 1, Chinatown berada pada halte bus ke 4 dari Stasiun Tanjung Pagar.

 Stasiun Tanjung Pagar    Loket Tiket St. Tanjung Pagar       

Kesan menaiki kereta ber-AC yang harga tiketnya terbilang murah ini (jika dibandingkan kereta ber-AC dengan jarak tempuh yang sama di Indonesia) adalah sangat nyaman dan bisa tidur nyenyak, tak ada pedagang asongan, pengamen, ataupun sampah yang bertebaran. Toiletnya pun bersih dan tidak bau. Jadi, sangat direkomendasikan sekali menggunakan kereta ini bagi para traveler yang sangat ketat akan budget dan jadwal perjalanan untuk pergi ke Kuala Lumpur dari Singapura atau sebaliknya.

13 Comments »

  1. Thanks for some other informative blog. The place else may I am getting
    that kind of info written in such an ideal manner? I have a challenge that I
    am just now operating on, and I’ve been on the look out for such info.

  2. emi wijaya said

    mo tanya n minta tlng, sy mau ke kuala limpur dr singapore naik senandung sutra. untuk pesanan lewat internet sy kesilitan memilih type tempat duduk krn pd bagian pilihan tdk ada tempat memilih spt ketika memilij kereta. trus caranya bagaimana?

  3. renny said

    terimakasih mas, infonya rinci… Kalau untuk mengetahui jalur MRT atau bus yg nomor berapa menuju ke pusat kota singapura ada linknya gak mas?..

  4. idfi said

    mas beli tiketnya bisa online gak? klo bisa, minta linknya mas..
    makasi.

  5. idfi said

    mas tiketnya bisa di beli secara online gak?

  6. gaban perez said

    Keren mas infonya, kebetulan akhir september mau ke SNG dr Kl dan mau coba naik kereta senandung sutera. Kira2 kalo bulan2 gini beli tiket on the spot pasti ada kan mas? thanks

    • dharto said

      usahakan beli tiketnya [on the spot] pagi hari, untuk keberangkatan malam hari🙂

  7. ica said

    kalo naik bis bagaimana ??

  8. Irhan Kamal said

    infonya lengkap banget, thanks

    • dharto said

      Terima Kasih sudah mampir dan membaca🙂
      have a nice trip🙂

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: