Aku Cinta Indonesia Detik.com

Logo ACIACI detikcom. Apasih ACIdetikcom? ACI sendiri akronim dari Aku Cinta Indonesia. Program ini diselenggarakan oleh www.detik.com. Awalnya saya juga tak tau program ini, tiba-tiba teman-teman di kampus banyak yang daftar, dan saya  pun ikutan daftar. Lagipula pendaftarannya tak terlalu susah, hanya diminta menulis wilayah Indonesia mana yang paling ingin dikunjungi dan apa yang menjadi alasannya.

Pendaftaran pertama saya dengan email yahoo tidak dikonfirmasi oleh pihak detik.com, beberapa hari kemudian saya putuskan untuk mendaftar lagi dengan akun gmail. Pada pendaftaran kedua ini saya mendapat balasan dari pihak detik.com. Beberapa minggu kemudian saya mendapat email dari detik.com bahwa saya masuk ke peringkat 1000 besar, dan untuk masuk ke 500 besar peserta harus mengirimkan jawaban dari 3 pertanyaan yang diberikan detik.com pada email yang sama. Alhamdulillah, pada tahap ini saya juga masuk, setelah beberapa hari sebelumnya menanti-nantikan pengumuman dengan spekulasi yang tak jelas dari beberapa teman.

Dari 500 besar, seluruh peserta diwawancara untuk disaring lagi menjadi 66 orang finalis. Untuk yang berdomisili di Jakarta, wawancara langsung diadakan di Kantor detik.com Gedung Aldevco daerah Warung Buncit. Sementara untuk yang ada di luar Jakarta diminta mengirimkan video dan foto close-up beserta jawaban pertanyaan yang sudah diberikan detik.com. Wawancara dimulai dari tanggal 12 Agustus 2010 sampai hari terakhir 15 Agustus 2010, dan saya mengambil jadwal paling akhir disesi kedua setelah dzuhur.

Finalis ACI

Finalis ACI

Janjian dengan seorang teman lagi di Aldevco, Budi, yang juga masuk tahap wawancara. Sebelum masuk sesi wawancara, peserta diberikan beberapa lembar kertas untuk melengkapi data serta menulis pengetahuannya tentang Indonesia dan menceritakan pengalaman paling menarik selama perjalanan yang pernah dilakukan.

Satu per satu peserta yang telah diberikan nomor urut pun dikelompokkan menjadi tim-tim kecil yang terdiri dari 2 orang anggota. Kebetulan saya bareng Halida Agustini (salah finalis juga dengan tujuan petualangan Kalimantan Timur). Wawancara dilantai 2 disebuah ruangan yang tidak terlalu besar dengan meja elips dan beberapa kursi. Didalam ruangan itu sudah ada pewawancara, 2 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. Saya lupa nama keduda orang lelaki yang akhirnya mewawancari saya dengan Halida. Sementara 2 orang lagi ternyata panitia ACI yaitu mbak Indri dan Mbak Iie kalo tak salah.

profile di ACI

Pertanyaan pun sekitar petualangan yang pernah saya jalani, apa saja yang membuat petualangan saya menarik, daerah tujuan yang ingin sekali saya kunjungi (saya sih pilih Raja Ampat di Papua Barat), bagaimana mendapatkan informasi didaerah tujuan dan bagaimana bersosialisasi dengan penduduk lokal, sampai ke masalah cuti. “Cuti nggak masalah pak” saya jawab dengan santai. Sepertinya pertanyaan lebih banyak ditujukan kepada saya dibanding pertanyaan yang diajukan untuk Halida. Tapi tak apalah, saya menikmati setiap pertanyaan yang diberikan dan menjawab pertayaan dengan senang hati.

Dari panitia: “Pengumuman akan diberitahukan tanggal 6 September 2010”, tapi sebelumnya (31 Agustus) saya sudah dapat surat pernyataan yang harus ditandatangani dan sore harinya ditelepon mba Indri mengenai surat pernyataan ini. Katanya: “jangan kasih tau orang lain dulu ya”, baiklah…

Finalis ACI

Setelah kelas penulisan bersama Budiono Darsono

6 September 2010 pun tiba, pagi hari sekitar jam 8 aku cek email dan situs aci.detik.com dari handphone. Belum ada email yang masuk dan belum ada perubahan di website ACI. Beberapa menit kemudian saya cek lagi, masih sama. Yasudahlah, belum rejeki. Tapi, sekitar jam 9.30 dari Twitter saya mendapat mention ucapan selamat dari Budi, bunyinya “selamat ya @DartoWin dan @Halidoong selamat ya, Raja Ampat nih”. “Aaah, bener nih?” pikir saya tak percaya. Langsung saja saya cek website ACI dan ternyata benar nama saya masuk dalam daftar nama finalis ACIdetik.com. Waah,, senangnya, akhirnya bisa jalan-jalan lagi, gratis pula.

Saya masuk dalam tim 6 Kelompok pemberangkatan pertama, tanggal keberangkatan 27 September 2010. Bersama Rivki partner satu tim, tujuan kami adalah Kepulauan Riau selama 14 hari, dan kami namakan tim ini tim Keprok aka Kep.Riau OK. Sebelumnya sih partner satu tim saya, Bunga Mentari, tapi karena Bunga tidak bisa meninggalkan pekerjaan dan harus training jadinya Bunga mengundurkan diri dari ACI. Sementara, Rivki, si pemeran pengganti ini lebih memilih untuk resign dari pekerjaannya untuk ikut program Petualang ACIdetikcom.

3 Comments »

  1. nanda said

    Jadi kepingin ikut…
    Masih ada gak ya ACI berikutnya?
    —————————————

    tau nih belum ada woro-woronya lagi..

    dHarto..!!

  2. semoga membantu

  3. budi said

    keren … lanjutkan perjuanganmu to untuk indonesia tercinta!!!!

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

