Green Canyon alias Cukang Taneuh

Dari Pangandaran sewa angkot di hari kedua ini. Tujuan Pantai Batu Karas dan Green Canyon.

Pagi-pagi sekitar jam 8.30 kami udah cacaw dari pangandaran dengan angkot dengan pak supir angkot yang disampingnya ada pak Anang. Dengan kecepatan yang agak lumayan karena jalan yang lurus dan mulus dengan di serbu oleh angin pantai yang masuk lewat jendela angkot yang terbuka, angkot terus jalan ke arah Green Canyon.

Selama satu jam di angkot dengan diselingi candaan, cak-cak-an dan cerita-cerita nggak jelas, akhirnya sampai juga di pantai Batu Karas. Pantainya emang agak jauh dari jalan utama dan lokasinya ada di balik bukit karang. Di sekitar pantai ini berdiri beberapa penginapan yang mungil-mungil dan tepat di pinggir pantai ada menara pengawas pantai.

Yap..turun dari angkot langsung menuju pantai, liat-liat keadaan pantai. Dan ternyata di pantai Batu Karas ini banyak yang belajar surfing, karena emang ombaknya yang sesuai untuk surfing jadi banyak wisatawan yang belajar surfing disini. Pantai ini cukup landai, jadi walaupun agak ke tengah pantai kepala masih bisa ada diatas air.

Menikmati Pantai Batu Karas

Beberapa teman udah hunting untuk nyobain yang namanya banana boat. Dan..setelah daftar trus nunggu sebentar akhirnya mereka nggak jadi naek banana boat, tapi whale boat, soalnya bentuknya paus..weleh..

Agak kurang lama sih maen air di pantai ini, tapi lumayanlah untuk basahin badan sebelum tujuan selanjutnya. Dan…setelah kenyang makan siang yang nggak begitu tasty, tapi untungnya ada es kelapa yang seger lumanyan, angkot menuju Green Canyon. Sebnernya Green Canyon lokasinya sebelum Batu Karas, dan sebelum sampai di Batu Karas mampir dulu ke Green Canyon untuk beli tiket, Karena kalau musim liburan pengunjung di Green Canyon Berjubel dan harus menunggu antrian yang lumayan panjang hanya untuk naik perahunya.

Di tengah perjalanan menuju Green Canyon mampir dulu di jembatan Gantung dari bambu. Lumayan panjang jembatan ini dan hanya bisa dilewati oleh 1 motor secara bergantian dari sisi yang beda. Agak ngeri juga kalo yang belum terbiasa lewat jembatan itu, yang kalo dilewati goyang-goyang kayak ayunan diatas sungai Cijulang yang lumayan lebar dengan warna airnya yang kehijauan.

Sampai di Grand Canyon langsung nunggu sebentar di dermaga, padahal di belakang panjang antreannya. Dapetlah si Guide yang lumayan enak diajak kerjasama, mau nge-guide. Untuk sampai di Cukang Taneuh alias Green Canyon harus naek perahu dulu selama 20 menit yang kalo diukur jaraknya sekitar 3 kilometer dari dermaga. Diatas sungai Cijulang yang kehijauan ini terlihat beberapa perahu yang udah balik dari Green Canyon dengan expresi penumpangnya yang keliatan kagum pada pesona alam Green Canyon.

Sampai di Cukang Taneuh, perahu udah nggak bisa lagi masuk karena tertahan karang yang ada, dan terlihat udah banyak perahu yang bersandar di bawah jembatan tanah setinggi kurang lebih 7 meter ini. Beberapa wisatawan dengan pelampung di badannya terlihat siap untuk menceburkan diri ke air untuk masuk lebih dalam ke bagian Green Canyon.

Lorong Green Canyon

Dan..giliran kami tiba, byurr..air hijau yang lumayan sedikit dingin langsung menyerbu kaki dan terus merambat keatas. Tapi keadaan ini nggak lama karena bius pesona alam Green Canyon. Dengan berenang merayap dipinggiran karang melawaan arus yang cukup deras untuk masuk lebih dalam, pemberhentian awal seluncuran air dipinggir batu payung.

Terus melawan arus dan terus masuk ke dalam lebih jauh, kayaknya diperlukan tenaga ekstra untuk melawan arus air yang deras ini. Tujuan akhir adalah Kolam Putri yang ada diatas karang dengan ketinggian sekitar  5 meter dan nggak bisa lebih jauh lagi melintasi bagian ujung Green Canyon karena arus air yang sangat deras.

Lebih enaknya waktu balik ke arah pintu masuk di bawah jembatan tanah, tinggal mengambang mengikuti arus. Sampai di batu payung,,ngerasain loncat dari batu yang tingginya sekitar 4 meter ini. byuurr..

Atraksi loncat dari tebing karang

Sebenernya pengen lebih lama lagi berenang di Green Canyon karena suasana alam dengan hujan abadinya yang sungguh, karena relief pada dinding karang yang begitu unik akibat erosi air sungai Cijulang dan karena sejuknya suasa di Green Canyon ini yang membuat pikiran segar lagi..

Itinerarinya bisa di lihat disini

8 Comments »

  1. morishige said

    keren dah. saya pengen juga nih ke sana. pengen tau sebenernya sehijau apa sih green canyon? hehe..😀
    ——————————————————————————————————

    Bagus mas, airnya hijau toska kalo lagi musim kemarau. jangan dateng musim ujan, airnya coklat keruh.
    -dHarto..!!-

  2. kalau pingin berenang di green canyon harus lagi bagus airnya (tidak msedang musim hujan) karena kalau musim hujan airnya keruh dan kurang asik untuk berenang. nah untuk mengetahui kondisi airnya harus tanya dulu sama orang yang tinggal di pinggir sungai green canyon. untk info hub: 085223547742
    greencanyoninfo@gmail.com / greencanyoninfo.blogspot.com

  3. nonesprfectes said

    wah mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu kesanaaaaaaaaaaaaa
    paling enak kesana waktunya kapan ya mas kira2? bulan atau harinya? ada tips2 khusus? makasiiiii
    —————————————————————————————————

    kalo musim ujan airnya coklat, tapi kalo musim kemarau atau lagi nggak ujan airnya hijau toska..
    tips-nya supaya nggak ngantri sih, paginya mampir ke GC beli tiket trus mampir ke pantai batu karas lalu siangnya ke GC deh.
    cari guide/tukang perahu yang enak diajak ngobrol dan mau bantu kita.
    -dHarto..!!-

  4. Abang nie ceritanya jaan-jalan terus ah… curang
    angga terakhir kali k pagandaran pas SMP

  5. ridu said

    eh lo kapan to ke sana?? kok gw baru tau siiih??

    • dHarto..!! said

      liburan pemilu kemaren du..bareng temen2 KU dan sekalian jelajah + kopdar bareng temen YM

  6. sunyi said

    tu yang di lingkarin penampakan ya…

    hihihihi………

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: