Nasi Goreng campur Ikan Teri

Nasi Goren Ikan Teri ala dHarto..

Nasi Goren Ikan Teri ala dHarto..

Hari Minggu kemarin seharian dirumah nggak kemana-mana. Cuma nonton tivi yang acaranya isinya cuma jalan-jalan wisata sama makan-makan. Maklumlah, aku suka jalan-jalan, jadi seneng banget kalo ada acara jalan-jalan wisata gitu apalagi kalo ada makanan baru yang khas suatu daerah.

Sambil nonton tivi sambil makan cemilan, mulai dari peyek, kerupuk ikan, sampe apel dan markisa yang ada dikulkas.

Semakin sore makanan semakin berkurang, tapi rasanya masih pengen makan. Karena dah lama nggak masak, akhirnya aku pikir “buat nasi goreng enak kali ya!!”. Aku kasih nama nasi goreng ini “Nasi Goreng campur Ikan Teri”. Mungkin teman-teman ada yang mau buat nasi goreng, nih aku kasih resepnya untuk 1 porsi:

Bahan:

  1. Nasi 1 Piring
  2. Ikan Teri secukupnya
  3. 1 butir Telur

Bumbu :

  1. 2 siung Bawang Putih
  2. 2 siung Bawang Merah
  3. 2 buah Cabe Merah Keriting
  4. 5 butir Lada
  5. 1/2 buah Kemiri
  6. 1 sdtGgaram
  7. 1 ujung sdt Gula Pasir
  8. 1/2 buah Tomat (rajang kecil)
  9. 1 cm Jahe (rajang halus)

Sayur :

  1. 1 buah Buncis (rajang kecil)
  2. 1 buah Kacang Panjang (rajang kecil)
  3. 2 buah Cabe Hijau Besar (rajang kecil)

Cara membuat :

  1. Haluskan Bumbu nomor 1 sampai 5. Kemudian siapkan wajan dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan tumis bumbu hingga mengeluarkan aroma
  2. Tambahkan Garam dan Gula pasir aduk hingga rata lalu masukkan Jahe yang telah dirajang halus.
  3. Masukkan Telur, aduk hingga tercampur dengan bumbu
  4. Masukkan Tomat, aduk hingga layu
  5. Tambahkan Ikan Teri, tunggu hingga Ikan Teri sedikit matang
  6. Masukkan Sayur, aduk hingga sayuran layu
  7. Masukkan Nasi kemudian aduk hingga Bumbu tercampur dengan rata dengan Nasi
  8. Nasi Goreng siap disajikan dengan ditaburi Bawang Goreng diatasnya

nasi-goreng-ikan-teri2

Resep ini tidak menggunakan Vetsin (MSG) dan Kecap, jadi kalo pengen pake keduanya bisa ditambahkan secukupnya sesuai selera. Resep ini juga bisa dimodifikasi sesuai seleramu.

9 Comments »

  1. Desi Maharani said

    Uji cobanya gagal nih ;D

  2. joanne said

    wah wah.. pinter masak nih
    ————————————————————————————————————–

    weitss…jangan salah,,
    itu bisa masak karena melapar aja, karena dah nggak ada lagi yang bisa dimakan.. hihihih…:P

    -dHarto..!!-

  3. gunsanadi said

    karena di dapur gw ga ada penggaris, jadi agak susah ngukur jahe 1 cm semana…. walhasil gak jadi praktekin elmu diatas deh.
    ————————————————————————————————————–

    hadoh..dikira2 aja kale om!
    dasar orang exact..!! apa aja diukur sesuai ketentuan..

    btw, nggak ada penggaris ato nggak ada bahan2nya nih??

    -dHarto..!!-

  4. vini said

    Kalau bisa bawang putihnya satu aja ya om ,. gak baek lho makan bawang putih kebanyakan ntar bawang merah gak ada temennya kalo bawang putihnya abis *maksud looo*

    btw aneh dech nasi goreng pake jahe ?
    du du du
    ternyata hobi lo ngoprek di dapur ya

    Gw agak salut ama cowo-cowok yang betah di dapur
    apalagi bisa masak
    kayak papahQyu ,. hu hu hu
    enak kan kebulinya ,. he he he

    Lo bisa apalagi selaen masak to ?
    bisa nyuci baju ? nyetrika ? nyuci piring ?
    lumayan kalo mpok ijah dirumah gw lagi pulang kampung ,., *emang ada*
    nb : masa gak bisa komen di blog gw siy ,., ??
    ————————————————————————————————————–

    iya, papah lo masakannya juga enak nek!

    -dHarto..!!-

  5. Wah cocok nie klo dibikin kerjaan sambilan bang..😛
    ————————————————————————————————————–

    kalo buka waroeng bisa2 tukang nasi goreng lain pada nggak laku
    hahaha…😀

    -dHarto..!!-

  6. IRene said

    nasi gorengnya make kacang panjang ama buncis om?
    jgn2 cita2 terpendamnya jd koki yee om hihihi😛
    ————————————————————————————————————–

    cita2nya pengen bisa apa aja, termasuk masak.
    tapi sayang cita2 tinggal cita2..*halah*

    -dHarto..!!-

  7. Akhwat said

    bismillahirrohmannirrohim…
    salam kenal, semoga Allah senantiasa mengikat ukhuwah kita…
    kalo sempat, mampir ke blog saya Ya!!!
    syukron…
    ————————————————————————————————————–

    Salam kenal juga buat akhwat..
    ok segera meluncur ke lokasi..

    -dHarto..!!-

  8. vini said

    Pertamax ……

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: