Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009

Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009 (sumber: http://epaper.kompas.com/)

Senin 26 Januari 2009 bertepatan dengan Imlek 2560 kemaren terjadi Gerhana Matahari Cincin. Awalnya lihat berita jalan di tv, tapi aku sedikit sanksi akan bisa menyaksikan fenomena alam ini karena hari itu mendung pekat menggelayut terus di langit Karang Tengah. Beruntung jam 16.46 pas puncak gerhana langit sedikit cerah dengan awan-awan tipis.

wilayah-gerhana-26-januari-2009

Wilayah yang dilewati Gerhana Matahari (26/01)

Dengan menggunakan dua lapis Negatif Film aku, ibu dan beberapa tetangga mengamati fenomena langka ini dari depan rumah. Memang fenomena Gerhana Matahari Cincin ini jarang sekali terjadi, sementara Gerhana Matahari biasa bisa terjadi dua sampai lima kali dalam setahun. Terakhir kali aku melihat fenomena alam ini sewaktu kelas satu SMP. Waktu itu sekitar jam 9 pagi beberapa siswa dan guru mengamati Gerhana Matahari Sebagian.

Berikut beberapa Gerhana Matahari yang akan terjadi beberapa tahun ke depan:

1. Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009

Gerhana Matahari di langit Jakarta

Gerhana Matahari di langit Jakarta (26/01)

Kemarin seluruh penduduk di wilayah Indonesia dapat menyaksikan gerhana matahari. Jalurnya dimulai dari Lautan Hindia, menyusur ke kawasan Indonesia, Sumatra Selatan, Krakatau, sebagian Banten, sebagian Pulau Bangka, Pulau Belitung, sebagian Kalimatan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, sebagian Sulwesi Utara.

Lintasan Gerhana Matahari 26 Januari 2009

Lintasan Gerhana Matahari 26 Januari 2009

Teluk Betung, Samarinda, Serang, Anyer, Banten, Cilegon, Merak, dan Lampung adalah kota-kota yang dilewati jalur antumbra bulan. Penduduk di kota itu bisa mengamati Gerhana Matahari Cincin antara 2-6 menit.

2. Gerhana Matahari Total yang akan terjadi 22 Juli 2009 hanya bisa disaksikan pada kawasan yang dilewati umbra bulan. Jalur umbra bulan mulai menyusur daratan India (dekat Mumbai) sekitar pukul 8.00 pagi ke arah timur Cina sekitar pukul 8.30 dengan lama gerhana matahari total antara 4-6 menit.

Lintasan Gerhana Matahari 22 Juli 2009

Lintasan Gerhana Matahari 22 Juli 2009

Sementara sebagian wilayah Indonesia hanya bisa menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian yaitu Sumatra Utara, Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Irian Jaya. Gerhana Matahari ini akan berlangsung pada pagi hari, dimulai dari Barat Indonesia dan paling akhir adalah Papua (sekitar pukul 10.00 WIB). Sayangnya penduduk di Pulau Jawa tidak dapat menyaksikan gerhana matahari 22 Juli 2009 yang akan datang.

3. Gerhana Matahari Sebagian pada 15 Januari 2010 diperkirakan akan terjadi lagi Gerhana Matahari,  yang akan melewati bagian utara dan barat Indonesia seperti: Balikpapan, Banda Aceh, Tanjungkarang Telukbetung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Jakarta,Manado, Medan, Padang, Palembang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surakarta, Yogyakarta.

Lintasan Gerhana Matahari 15 Januari 2010

Lintasan Gerhana Matahari 15 Januari 2010

Sama halnya dengan gerhana Juli 2009, bulan hanya akan menutup sebagian matahari saja. Karena pusat jalur Gerhana Matahari ini melewati daerah India dan Cina, sehingga di Indonesia hanya akan terjadi Gerhana Matahari Sebagian.

4. Gerhana Matahari Total, pada 9 Maret 2016 nanti diperkirakan juga akan terjadi Gerhana, kali ini penduduk Jakarta dapat menyaksikan Gerhana Matahari Total yakni Bulan yang menutup seluruh bagian matahari dan hanya menyisakan bercak-bercak di sekitar lingkaran. Jadi, mari kita tunggu tanggal 9 Maret 2016 mendatang untuk menyaksikan fenomena alam yang jarang sekali terjadi ini.

Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total.Lybia, 29 Maret 2006

sumber: pikiran-rakyat.com, netverum.blogspot.com, detiknews.com

20 Comments »

  1. wohooo . keren bgt . saya liat yang 26 Januari sama 15 Januari kemarin . oiya, nice artikel , thx ya udah bantu nyari informasi buat tugas . hihi

  2. gerhana mthr cincin hari ini terjadi pukul berapa?

  3. kokom said

    wha bagus banget tuh,..
    semoga kita dberi umur untuk sampai kesana
    jam berapa tuh gerhana 15 januari,…?

  4. pirman said

    BAGAIMANA DI PWK

  5. zee lie said

    sayang tidak di sampaikan pukul berapa gerhana mulai dan kapan berakhir. dan juga yang luput dari pemberitaan adalah pada awal januari insya Allah tgl 1januari 2010 juga ada fenomena alam yang sering kita lupakan yaitu gerhana bulan. pada awal tahun 2010 akan ada dua gerhana dalam satu bulan “januari”. jika ingin melihatnya : jaga kesehatan,makan makanan yang bergizi jangan lupa minum susu. sekali lagi jaga kesehatan
    ——————————————————————-

    terimakasih atas pemberitahuannya..

    -dHarto..!!-

  6. tapi bang, fathi nga punya kacamatanya !. kira2 harus beli dimana dan seperti apa ?.
    ————————————————————————————————————–

    nggak perlu pake kacamata.
    pake 4 lapis negatif film yang masih kosong juga bisa..

    -dHarto..!!-

  7. mbak maya said

    It’s a nice blog. Salam kenal ya….
    ————————————————————————————————————–

    salam kenal juga..

    -dHarto..!!-

  8. ridhoyp said

    whoah.. greats!! lengkap banget bang🙂 hihihi.. sayang ga nyampe ciledug😦
    ————————————————————————————————————–

    apaan?? dari karang tengah aja keliatan..

    -dHarto..!!-

  9. Aku tidak sempat liat tuh mas…!!!

    Nyesel jg rasanya melewatkan momen bersejarah, yang jarang ada.
    ————————————————————————————————————–

    tenang aja, tahun 2016 gerhana total, kita tunggu aja..
    -dHarto..!!-

  10. joanne said

    kereeen…
    kapan ya aku bisa lihat
    ————————————————————————————————————–

    nanti bulan juli 09 sama tahun 2016 ada lagi koq..

    -dHarto..!!-

  11. boedyst said

    duh sayang banget tuh … waktu itu nda bisa liat ke planetarium …
    moga – moga masih idup di tahun 2016
    aminnnnn …
    ————————————————————————————————————–

    sayang bud kalopun ke planetarium nggak bakal bisa liat secara langsung, secara pengunjungnya ratusan orang..desek-desekan pula..
    -dHarto..!!-

  12. ridu said

    wew.. nice.. jadi inget sinetron gerhana,, trus juga sama film bayi ajaib yg horror abis..

    salam kenal yaa..

    huahauahauaa
    ————————————————————————————————————–

    hehehe,,,iya ya..
    salam kenal juga ya😐
    *halah*
    -dHarto..!!-

  13. RCO said

    2016 saya harus ke jakarta, dong!
    Salam kenal
    ————————————————————————————————————–

    semoga aja bisa dilihat dari tempatmu tinggal, jadi nggak usah ke Jakarta, tapi kalo mau ke Jakarta juga nggak apa2 .. bisa kopdar..😀
    .:: salam kenal juga ::.
    -dHarto..!!-

  14. Angga lagi nonton twilight tuh

    jadi ngak bisa liat,, untung ada di youtube😛
    ————————————————————————————————————–

    kalo di youtube karena pake video jadi agak kurang bagus gambarnya, tapi kalo liat secara langsung jelas banget jernihnya. Istilahnya kayak bajakan dan original..😀
    -dHarto..!!-

  15. uwinarno said

    Subhanallah.

  16. away said

    gw juga ngeliatin gerhana dari depan rumah
    tapi sayang gak bisa difoto,
    ————————————————————————————————————–

    yaiyalah, kamera yang harus beresolusi tinggi trus dilapisi 4 kaca film baru bisa foto tu gerhana
    -dHarto..!!-

  17. vini said

    Cool ,. dapet aje kek artikelnya.
    Btw alhamdulillah kemaren bisa liat gerhana bulan yang cuma terjadi delapan belas tahun sekali ,.
    *bangga gitoo*

    Kemaren pas banget ya, Udah Imlek pula, Hujan pula, eh gerhana pula ,.

    2016 berarti 7 tahun lagi mulai sekarang .,
    gw udah jadi apa yaaa ,., *thinking*
    ————————————————————————————————————–

    7 tahun lagi udah punya anak berapa ya?
    -dHarto..!!-

  18. deni said

    Wow…
    kemarin ga terlalu jelas ngeliatnya …😦
    ada videonya ga yah ?
    ————————————————————————————————————–

    ada tapi cari di youtube sendiri ya …heee…
    -dHarto..!!-

  19. gunsanadi said

    Oh iya lupa, artikel yang bagus to.
    thanks infonya.
    ————————————————————————————————————–

    sama-sama, semoga bermanfaat untuk panduan melihat gerhana selanjutnya..🙂
    -dHarto..!!-

  20. gunsanadi said

    mudah-mudahan masih idup😐
    ————————————————————————————————————–

    semoga
    -dHarto..!!-

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: