Antara Jogja Karang Anyar

Liburan kali ini keliling  Jawa Tengah, tapi lebih banyak menjelajah Jogja sih. Selama liburan panjang akhir tahun 2008 ini aku sama bapak pulang ke Jogja. Hari pertama mengunjungi rumah om di Ngargoyoso,  Karang Anyar kaki gunung Lawu, yang udah nggak ketemu hampir 13 tahun lamanya, paling juga kalo ngobrol cuma lewat telepon. Perjalanan dari Jogja ke Karang Anyar ditempuh hampir selama 4 jam dengan menggunakan bis kota. Sebenarnya rute ke sana hampir sama dengan rute ke arah obyek wisata Tawang Mangu. Ini dia rutenya: dari terminal Giwangan Jogja naik bis Jogja – Solo turun di terminal Tirtonadi Solo, terus naik bis Solo – Tawang Mangu turun di terminal Karang Pandan, Karang Anyar dan terakhir naik bis dari Karang Pandan – Kemuning.

kecamatan1

“Sepi banget, padahal jam 12 siang nih!”

Namanya juga di kaki gunung, otomatis udaranya lumayan dingin dan suasananya juga masih asri. Didepan rumah om masih ada perkebunan teh yang baru dipangkas pucuk-pucuk daunnya, ada juga perkebunan daun bawang, wortel, kubis, udah kayak di Puncak Bogor. Air juga tinggal ngalirin dari Ada juga pabrik tehnya lebih keatas lagi, tapi sayang nggak sempat mampir ke Tawang Mangu dan pabrik teh tempat si om kerja untuk lihat cara memproduksi teh gara-gara hujan terus disana.

lereng-gunung-lawu1

“Masih asri lingkungannya..”

Tapi lumayanlah, walaupun nggak bisa jalan-jalan di kawasan wisata candi Sukuh dan candi Cetho yang ada di dekat pabrik teh itu, tapi setidaknya bisa menikmati kawasan kaki gunung Lawu yang masih asri dengan udara yang masih segar dan bisa melepas kangen sama om yang udah hampir 13 tahun lamanya nggak ketemu.

candi cetho dan candi cetho

Esok paginya sekitar jam 5 setelah mandi dan sholat subuh dengan sedikit kedinginan, diiringi gerimis yang belum berhenti dari sore sebelumnya aku dan bapak nekat pulang ke Jogja dengan diantar pakai motor ke terminal Karang Pandan, karena siangnya bapak akan pulang ke Jakarta sendiri sementara aku tinggal di Jogja untuk tahun baruan :d .

Selama perjalanan aku masih bisa menikmati sejuknya udara pagi kaki gunung Lawu dengan jalanan yang berkelok-kelok naik turun. Hmmm…seandainya lingkungan dan udara Jakarta seperti ini.. sejuknya..

10 Comments »

  1. NEX-5 said

    Posting yang bagus . Terima kasih

  2. ririn said

    Hay boleh kenal tax
    ———————-

    boleh-boleh saja

    -dHarto..!!-

  3. suanggi maupora said

    weleh weleh weleh, candi Sukuh dan candi Cetho. kecantikan dan kemolekannya Masih juga seperti tahun 73an, waktu aku kesana dengan temen2 sma ditangkep dan dimarahin sama pak penjaga ( sragam tentara ), lantaran motret-motret tanpa ijin.
    Untung ada pak “Singo Boedjono” – jaggernya Gunung Warak, akhirnya di bawa pulang ke rumahnya ( jauhhhh sekilo – nama desanya kl gak salah inget SINE -arahnya Kidul Jauhhhh Kedung Bangteng )

    Terlalu indah dilupakan, terlalu sedih dikenangkan.
    ——————————————————————-

    tapi saya belum sempat ke sana, mungkin lain waktu

    -dHarto..!!-

    suanggi maupora – Kisar Maluku Barat Daya

  4. cutfarathamrin said

    kok waktu itu bang putut nda bawa dede kesitu ya?mang jauh dr malioboro ya tok?:|
    yuuuuuuuuuks………… lg……………….😀

  5. vini said

    kalau suasana masih asri gitu emang enak ya. Bikin seger, bikin stress jadi ilang,.

  6. aq punya sejarah yang inda antara jogja karanganyar

  7. indra said

    waduh..bener alami tu..Candi Cetho dan Candi Sukuh kyaknya perlu dipublikasikan karena dulu pas belajar sejarah belum terekam nama2 candi itu.

  8. eno said

    bagus banget

  9. gunsanadi said

    sayang lagi fakir.

  10. boedyst said

    1. Silaturahmi ke orang tua🙂
    2. Menikmati Keindahan Alam semesta🙂

    beuh .. candi cetho mauuuuuuuu … weh .. to klo kesana ajak – ajak yak🙂
    tawang mangu (air terjun) mang deket dari situ ya to .. enak dong ..

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: