Duta Mahasiswa

Studi Banding dan Jalan-Jalan Australia.

Yap, itulah tema yang diangkat dalam pemilihan Duta Mahasiswa Universitas Budi Luhur tahun 2008 ini. Siapa yang nggak mau sih studi banding ke universitas yang ada di luar negeri, apalagi jalan-jalannya ke Auatralia.

Ini adalah tahun ke-5 Duta Mahasiswa Universitas Budi Luhur. Terobosan baru untuk mengunjungi Australia, karena 4 tahun sebelumnya Duta Mahasiswa studi banding ke negara-negara di kawasan Asean saja seperti Malaysia, Thailand, Filipina serta Vietnam.

Apa sih Duta Mahasiswa itu?

Jadi Duta Mahasiswa adalah sebuah program yang diselenggarakan Universitas Budi Luhur untuk memilih mahasiswa berbakat untuk mengemban tugas sebagai perwakilan universitas untuk melakukan studi banding dengan universitas yang ada di luar negeri.

Kapan pemilihan Duta Mahasiswa?

Pemilihan Duta Mahasiswa dilakukan setiap tahunnya pada sekitar bulan Oktober atau November.

Apa aja yang di dapat kalau menjadi Duta Mahasiswa?

Yang pasti studi banding ke luar negeri, ikut perkuliahan di universitas tujuan, ketemu dengan petinggi-petingga universitas seperti rektor, dekan dan dosen-dosennya, ketemu dengan badan eksekutif mahasiswa yang ada di universitas tujuan. Selain itu pastinya di sana bisa jalan-jalan keliling kota tujuan.

Syarat apa aja untuk menjadi seorang Duta Mahasiswa?

Ada beberapa syarat yang harus di penuhi untuk menjadi seorang Duta Mahasiswa. Diantaranya:

  • Mampu berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan

ini syarat penting banget soalnya yang namanya studi banding ke luar negeri bahasa pengantarnya adalah bahasa inggris. Jadi kalo kurang mampu berbahasa inggris dengan baik pastinya akan sulit untuk berkomunikasi dengan orang di universitas yang dituju.

  • Nilai akademik yang baik

Syarat nilai akademik ini biasanya di ambil dari IPK dan minimal nilainya adalah 3.00

  • Menguasai Budaya dan Seni daerah Indonesia

Point ini sangat penting untuk menilai apakah seorang Duta Mahasiwa yang akan mewakili Universitas Budi Luhur bisa menampilkan salah satu seni budaya Indonesia, bisa itu tarian atau nyayian atau alat musik lainnya.

Berapa tahap seleksi pemilihan Duta Mahasiswa?

Ya, seleksi pemilihan Duta Mahasiswa di selenggarakan sebanyak 3 tahap. Tiap tahapan tes tidak sama, tahap pertama tes pengetahuan umum, tahap kedua tes pengetahuan Budi Luhur serta penyampaian visi dan misi, sedangkan tahap ketiga adalah tahap final dimana peserta harus menunjukkan kemampuannya menampilkan produk dan seni budaya Indonesia.

Berapa orang yang akan menjadi Duta Mahasiswa?

Duta Mahasiswa yang terpilih seluruhnya 4 orang, dengan rincian 3 orang merupakan pilihan dewan juri berdasarkan penilaian akademik, ketrampilan, keahlian dan kecakapan dalam berkomunikasi dan seorang lainnya merupakan favorit pilihan penonton.

Perlu biaya nggak sih?

Nggak perlu sama sekali, karena program ini sama sekali gratis. Mulai dari seleksi pemilihan tahap pertama sampai tahap akhir tidak dikenakan biaya. Mulai dari berangkat ke airport di Indonesia, passport, uang saku, akomodasi, makan dan segala macam semuanya gratis sampai kembali ke Indonesia lagi.

Jadi, kalo kamu mahasiswa Universitas Budi Luhur, berbakat dan punya kapasitas untuk menjadi Duta Mahasiswa kamu bisa ambil kesempatan ini untuk menyalurkan bakatmu.

8 Comments »

  1. “moga aja ada Duta Dosen ke Universitas yang ada di Eropa,,, :p
    -dHarto..!!-”

    darto ngarep😀

    @beryl : igh igh agh agh…mauuuuuuuu
    ————————————————————————-

    pastinya!!!
    -dHarto..!!-

  2. beryl said

    dharto…

    bagaimana kalo alumni duta mahasiswa sama-sama mengadakan reuni dengan world tour ke negara-negara tujuan lalu2? semacam napak tilas gitchuw.. hihihi

    jangka pendeknya mah si ridu nafsu bgd ngajakin pemenang n panitia nonton European Film Festival bareng.. ke Erasmus Huis.. ayuukkkk!😀
    ———————————————————————————————-

    boleh juga tuh idenya, enaknya cari sponsor kemana ya buat ngedanain??
    -dHarto..!!-

  3. […] perwakilan mahasiswa diluar organisasi. Syarat” nya itu ga susah, cuma tinggal liat di sini, itu blognya si jeng Dar temennya bebe. Alumni DM 2006 yg menyebabkan philipina kena badai abis […]

  4. ayoe said

    Hahahahaaaa…..
    My oh my, gini nih, tiap taun ada anak lab yg jadi duta…
    mahasiswa bl cuma anak lab kali ya…yg lain temennya mahasiswa😛

    eh eh ,main2 ke blog bru gw doonngg
    ————————————————————————–

    hahahaha…
    dah mampir tuh ke blog ayu
    -dHarto..!!-

  5. indra said

    wah sekarang udah bukan lagi duta mahasiswa ni.tapi Mbahnya Duta Mahasiswa(Pembina Duta Mahasiswa)…
    ——————————————————————————————–

    humm,, iya nih ndra..
    -dHarto..!!-

  6. away said

    ikutan gak ya?
    —————–

    itu buat mahasiswa, bukan alumni..
    -dHarto..!!-

  7. vini said

    Coba duta mahasiswa perginya ke Negara Eropa ya

    waw pasti bakal banyak yang ngantri untuk daptar jadi Duta Mahasiswa

    hehehehe
    ———————————————————————-

    moga aja ada Duta Dosen ke Universitas yang ada di Eropa,,, :p
    -dHarto..!!-

  8. gunsanadi said

    jadi inget gitar + “on the day like this”😛
    —————————————–

    yap, itu lagu yang membawa w ke Philippine.. he3x😀
    -dHarto..!!-

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: