Tetap segar saat berpuasa

Banyak dari kita berpikir bahwa puasa itu membuat tubuh menjadi lemas karena berkurangnya waktu makan, yaitu sarapan dan makan siang. Ternyata pola pikir demikian men-sugesti kita untuk merasa lemas saat menjalani puasa, terutama saat siang sampai menjelang waktu berbuka.

Beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghindari rasa lemas saat berpuasa.

1. Memperbanyak asupan serat pada saat sahur

Cara ini mencegah cepat datangnya rasa lapar di perut. Serat bisa diperoleh dari buah-buahan, sayur-sayuran, atau karbohidrat berserat seperti oatmeal. Serat atau karbohidrat kompleks memiliki efek mengenyangkan karena mampu mengembang dalam lambung. Namun serat juga lebih lama dicerna dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, protein dan lemak. Artinya, serat akan lebih lama tertinggal di lambung dibanding zat gizi lainnya. Karena itu perut akan terasa lebih lama kenyang, dan kadar gula darah juga lebih terjaga.

2. Mengkonsumsi segelas susu saat sahur

3. Konsumsi pula suplemen yang mengandung vitamin B kompleks agar metabolisme Anda semakin baik.

4. Disunahkan untuk makan sahur mendekati waktu imsak

Lakukan makan sahur Anda kira-kira 15-30 menit sebelum imsak, dan makanlah serat di saat-saat terakhir makan sahur Anda. Selain “mengirit” waktu cerna makanan, sahur sebelum imsak sangat baik untuk mencegah terlewatnya shalat Subuh.

5. Hindari tidur lagi setelah sahur

Tidur lagi setelah sahur dapat menyebabkan gejala Heartburn atau rasa panas di ulu hati, yang kadang disertai dengan rasa kaku atau keram pada otot perut. Gejala ini biasanya muncul apabila saat perut penuh, tubuh tidak beraktivitas kembali.

6. Minum obat maag

Terutama bagi Anda yang memang memiliki penyakit maag, adalah hal yang tidak boleh terlupakan. Obat maag dapat diminum saat berbuka dan sahur. Saat berbuka, batalkan puasa dengan segelas air atau minuman manis – usahakan tidak minum minuman yang bersuhu dingin atau terlalu panas – lalu minumlah dahulu obat maag. Tunggu sekitar sepuluh atau lima belas menit, lalu santaplah hidangan pembuka yang ringan atau segelas susu.

Berikut tips sehat saat berbuka puasa

1. Hindari berbuka dengan air es

Kebiasaan salah yang sering dilakukan sebagian orang, yaitu minum air es atau es yang dicampur ke dalam minuman saat berbuka Cara ini sangat merugikan karena es dapat menahan rasa lapar. Akibatnya, hidangan lain yang lebih bergizi bisa tidak disantap, sehingga mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan.

2. Saat berbuka mulailah dengan minuman manis hangat dan makanan ringan yang mudah dicerna

Bisa teh manis, sirup, ditemani kurma, pisang goreng, atau pisang sale. Setelah kadar gula darah berangsur-angsur normal bisa dilakukan salat magrib.

3. Tidak langsung menyantap makanan utama segera setelah berbuka

Karena saat kosong dalam waktu yang lama, otot-otot lambung tidak ’siap’ menerima volume makanan dalam ukuran besar. Sebetulnya dengan menyantap hidangan pembuka yang ringan seperti makanan pembuka diatas, sudah cukup memberi energi sampai satu jam ke depan. Karena itu tak ada salahnya Anda shalat tarawih dahulu sebelum menyantap makanan utama. Selain itu jika Anda tarawih dalam keadaan perut penuh, Anda akan merasa sebah atau mual karena lambung belum siap mencerna dan mendorong makanan ke usus.

Dengan berbuka dan sahur secara sehat, berbagai gangguan kesehatan dapat dihindari. Disamping itu mengendalikan diri terhadap hawa nafsu, termasuk juga nafsu makan, dan memperbanyak ibadah, serta berbagi dengan sesama yang lebih membutuhkan, adalah hakikat puasa yang sebenarnya. Bukan sekadar menahan haus dan lapar saja. Jadi, pahala dapat, sehat pun dapat.

Dari berbagai sumber.

10 Comments »

  1. wah, tipsnya menarik sekali ^_^ makasih ya udah sharing…

  2. deni said

    Bang tapi puasanya jangan kebanyakan …. tar gak bisa gemuk loh bang …
    ——————————————————————————–

    nggak ngaruh..!!😛
    -dHarto..!!-

  3. vini said

    Selama ini gak pernah minum suplemen to, gak pernah minum susu
    kalo buka pasti gorengan ma aer putih
    abis solat magrib baru dech makan utama

    waw
    thanks ya tips yang bagus hehe
    —————————————————————

    semoga bermanfaat
    -dHarto..!!-

  4. vini said

    saya banyak yang dilanggar niy
    1.wah kalo saya saur mendekati waktu imsak, kadang-kadang di bus jadi pengen ke kamar mandi,
    secara berangkat ke kantor abis imsak
    2. Pasti buka minum es coz cuaca sekarang puanaasss buangeettt

    Tapi tetep semangat (^_^)!
    btw thanks ya atas tipsnya

  5. trendy said

    serat memang penting banget!
    saya waktu puasa ini bokernya cuma 3 kali sehari!
    banyangkan para blogers sekalian!
    wekekeekekekekek!
    ————————————————-

    bentar…saya bayangin dulu…
    * apa siihhh
    wah, bahaya tuh, harus setiap hari kalau mau sehat😀
    -dHarto..!!-

  6. Rhanie said

    Setiap sahur rani selalu minum susu,
    Sayuran klo sekedar wortel, kangkung n bayam lumayan sering pas sahur
    makan sahur mendekati waktu imsak juga udah, malah deket banget
    Tapi klo masalah gak tidur lagi abis sahur itu yang susahnya minta ampun to…. gak kuat!!!
    —————————————————————————————

    sama, kalo abis subuh w tidur lagi, tapi bukan abis sahur lho..
    -dHarto..!!-

  7. diyniy said

    haha,,,Tips yang bagusss….
    —————————-

    makasih..😀
    semoga bermanfaat
    -dHarto..!!-

  8. gunsanadi said

    WADUH!!!
    tiap buka gw minum es…. dah gitu waktu saur ga banyak sayur…. ga ada susu pula…. ga minum suplemen pula….

    tapi alhamdulillah to, yang penting grates!!!😛
    ———————————————————————————————-

    kalo ada yang gratis kenapa mesti bayar ya!!
    teteeeeppp…!!
    * prinsip ekonomi

    -dHarto..!!-

  9. Gofar said

    laper neh..
    Maghrib jam berapa sich.. buruan kek.. :-S
    —————————————–

    sabar pak!!
    dHarto..!!

  10. Yuliazmi said

    Selamat menunggu waktu berbuka🙂
    ———————————–

    nunggu buka puasa sambil posting..😀
    dHarto..!!

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: