Mengawas tapi Diawasi

Sudah 8 hari aku mengawas ujian akhir semester di kampus, lebih tepatnya ada 17 kelas yang sudah ku awas ujiannya. Nggak begitu kaget sih waktu pertama kali mengawas karena sebelumnya di lab komputer universitas aku juga pernah mengawas ujian akhir semester apalagi aku juga pernah kuliah. So, sedikit banyak aku sudah tau bagaimana keadaan ruang ujian, bagaimana teknik mahasiswa bekerja sama dalam ujian, atau teknik mereka mencontek.

Entah kenapa ya, seharusnya aku yang menjaga ruang ujian agar tetap tenang tetapi yang terjadi adalah sebaliknya, mereka (baca: peserta ujian) yang malah mengawasi aku. Lho..?? koq begini..?? malahan ada tatapan mahasiswa yang benar-benar fokus mengawasi aku. Duhhh…Jadinya malah diawasi bukannya mengawasi.

Mengapa mereka malakukan ini? yah, tau sendirilah, aku juga dulu pernah jadi mahasiswa, jadi mereka mengawasi sang pengawas (baca: aku) agar mudah mencari celah kelengahan sang pengawas untuk bisa bertanya atau bekerja sama dengan teman sebelahnya. Bisa mulai dari bertanya maksud soalnya apa, jawaban nomor sekian apa, bahkan ada yang bertukar lembar soal atau jawaban. Kalau yang sudah kepentok nggak bisa bekerja sama terpaksa: “Pak! Ijin ke toilet sebentar ya!” Jadilah mereka membuka kebetan di toilet, dihapalkan dan diingat baik-baik bahkan kalau perlu di catat kertas yang lebih kecil ukurannya supaya bisa disalin lagi waktu kembali ke kelas.

Bagiku sih itu biasa-biasa saja namanya juga mahasiswa, asal waktu mereka sedang bekerja sama atau saat sedang mencontek kebetan tidak kupergoki. Kalau aku sudah melihatnya itu, hhmmm,,,,awas saja !! :p

21 Comments »

  1. nanda said

    bohong tuh nanto..
    jangan percaya to…
    buktinya nanto aja gemuk, tapi gak sangar tuh……
    —————————————————-

    hahahahahaa…..
    -dHarto..!!-

  2. benazio said

    contekan taro di rambut dong aw heheheee
    ——————————————–

    ide bagoos tuh, tapi kalo ketauan langsung jambak ya rambutnya… he3x😛
    -dHarto..!!-

  3. muni said

    main2 ke blog saia ya.😀 ada berita tentang kopdar ragunan..😀
    —————————————————————-

    siiieep…..
    -dHarto..!!-

  4. NanTo said

    makanya To lo gemukin badan lo sedikit biar keliatan sangar!! hehehe…
    —————————————————————————

    saran yang bagus, akan saya pertimbangkan..
    -dHarto..!!-

  5. Eka said

    sebenernya sih maklumin ajah.. lah wong kita juga pernah diposisi mereka kan?? coba pelan2 bikin mereka takut aja ama kita.. hihihi
    ——————————————————————————————————

    hayolo…hayolo…gitu yak…😛
    justru itu harus mondar-mandir terus dikelas…
    -dHarto..!!-

  6. Rani said

    sama dong to pengalamannya ma rani.
    Suka heran ama mahasiswa jaman sekarang (hehehe sok tua) abis dibagiin soal kok bukannya malah baca soalnya n ngerjain malah liat2 pemandangan di sekitar. Ck ck ck
    Klo rani to, klo dah ada yang keluar kelas satu orang aja, rani langsung gak ijinin ke kamar mandi lagi, so dia gak bisa berkomunikasi ma temennya.
    But motto rani sih dalam mengawas, lebih berusaha tuk mencegah anak2nya nyontek dibandingkan memergoki mereka nyontek, so kitanya harus siap ngegedein betis karena musti sering2 muter2 kelas.hehehe
    ——————————————————————————————————

    yups,,sama. Lebih baik mencegah mereka nyontek. So, harus berdiri di belakang trus ngider2 ke depan ke belakang, udah kaya setrikaan…
    -dHarto..!!-

  7. muni said

    wah2.. jadi pengawas ujian ya. kasi tindakan tegas aja buat yang nyontek. kapan negara ini bisa maju kalo dari sekarng udah di didik dan akhirnya malah jadi kebiasaan melakukan tindakan yang curang. Makanya korupsi di Indonesia gak pernah habis. bener ga?
    —————————————————————————————————-

    yupz,,,kita harus jujur pada diri sendiri kalo mau berhasil…(sok tua ya!)
    -dHarto..!!-

  8. Malinda said

    hai kunjungan balasan hehe..
    wah.. kalo saya sebagai mahasiswa sering tuh ngeliatin pengawas… pengen aja ngeliatin tampang2 mereka… kadang2 ada yang sok cool, sok galak, dll bahkan ada yang tidur… weks.. daripada pusing ngeliatin soal sekali-sekali ngeliatin pengawas lah, apalagi kalo ada yang ganteng wekeke..
    ————————————————————————————————–

    thanxz,,dah kunjungi balik..
    -dHarto..!!-

  9. klo aRieF, biasanya langsung buang muka klo dia ngawasin balik…nah, kan dia dapet kesempatan nyontek tuh…
    Hop!!
    kena deh!!😀😀
    —————————————————————————————————–

    Hop!!
    mang nyamuk..
    -dHarto..!!-

  10. malahan ada tatapan mahasiswa yang benar-benar fokus mengawasi aku.

    Gr nie ah bang darto😛
    —————————————————————————————————

    😀..
    he3x
    -dHarto..!!-

  11. gunsanadi said

    inget masa assisten dulu:
    1. Pastikan mhs duduk sesuai dengan absen
    2. Mulai ujian dengan do’a
    3. Klo ada yang ribut [baca : nyontek] panggil aja namanya…

    nb: cara diatas ga akan bisa berjalan klo kita juga masih suka nyontek😛
    —————————————————————————

    cie yang pernah ngawas…!!!
    -dHarto..!!-

  12. vini said

    to ,.,
    Link vini mana to??

    *hiks hiks ,., Bilangin mama lho ,., Huaaa
    ———————————————

    udah nek..
    -dHarto..!!-

  13. aie said

    Hehehe…khan pernah jadi mahasiswa..jadi pernah ngerasa kaya gitu juga khan???hehehe
    —————————————————————————————

    yups…dulu waktu jadi mahasiswa juga pernah ngeliatin pengawasnya..!! he3x

  14. feri said

    hehe… lucu juga, btw prnah mergokin ga wktu jga ?
    ————————————————————–

    waktu itu mereka lagi tukeran soal, dikiranya ga keliatan, padahal jelas banget..
    kena deh …
    -dHarto..!!-

  15. cutfarathamrin said

    sekalian curhat ni tok? kaya ga pernah mude aje.. :p huehehehe..
    sabar ya pak..😀
    ——————————————————————

    bu,,kalo kasih comment tuh kasih juga dong link blognya supaya tinggal klik sampe deh ke blog situ
    -dHarto..!!-

  16. Harjo said

    Saya dulu kalau ujian, duduk selalu paling depan, jadi bagaimana ada kesempatan nyontek he he he… narcis bgt …
    ————————————————————————————————–

    hahaha….sama kayak aku dulu waktu di SMA. Ujian selalu di depan untungnya soalnya Pilihan Tunggal. So, ngga harus nyontek.
    -dHarto..!!-

  17. Yuliazmi said

    Wah sekarang dah jadi Bapak Dharto ya. hehehe
    Selamat mengawas ujian ya🙂
    ——————————————————

    iya nih, sekarang dipanggil “Pak”, wadoohh…!! gubraxss
    -dHarto..!!-

  18. indra said

    Oooo awalah totototot.kita senasib too..klo dilihatin, diplotoin aja biar dia takut. klo perlu panggil satpam to klo ada apa2…hehe..
    —————————————————————————————————–

    hahaha,,,,ga usah panggil satpam segala ndra, biar aja mereka pada liatin gw,,,biar puazz
    -dHarto..!!-

  19. vini said

    Wah mereka (baca: peserta ujian) mau minta nomor telepon lo kali to,

    tapi karena malu ngomongnya
    makanya dia ngeliatin lo mulu

    ciye ciye

    darto, banyak penggemarnya

    *apa siyy
    —————————————————————————-

    iya kalee….
    Oo, mungkin mereka minta nomor telepon mau nerror gw kali ya… aaarrgghhhh…
    atau mungkin mau request “Pak, besok2 ngawasnya jangan terlalu ketat ya!”
    hihihihi
    -dHarto..!!-

  20. away said

    mahasiswa lebih jago dari pengawasnya loh

  21. away said

    mahasiswa sekarang canggih-canggih
    kadang mereka nyontek di hp
    ———————————————

    yap, betul sekali.
    Apalagi banyak gadget (cellphone, ipod video, mp3, dll) yang bisa dipake buat naruh file2 contekan.
    -dHarto..!!-

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: