Knowledge Economy dan Produk Budaya

Referensi wikipedia menyebutkan bahwa knowledge economy adalah sebuah istilah yang terkait pada ekonomi yang bertumpu pada produksi dan manajemen yang masih dalam kerangka ekonomi yang berbasis pengetahuan.

“The knowledge economy is a vague term that refers either to an economy of knowledge focused on the production and management of knowledge in the frame of economic constraints, or to a knowledge-based economy.”

Knowledge economy sendiri tidak dapat dipisahkan dari knowledge sebagai suatu produk dan ekonomi sebagai pendukungnya, karena keduanya saling berhubungan. Dewasa ini banyak peneliti mendeskripsikan bahwa ekonomi global sedang mengarah pada knowledge economy sebagai perluasan dari information society. Transisi dari ekonomi global ke knowledge economy sendiri membutuhkan aturan dan praktek yang diarahkan pada kesuksesan industri ekonomi pada kebutuhan yang saling terkait satu sama lain serta globalisali ekonomi sumber-sumber yang bernilai ekonomi seperti sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Berdasarkan analisa para ahli knowledge economy, tata aturan harus ditekankan pada industri dalam hal knowledge management dan pada level kebijakan public sebagai knowledge policy atau keterkaitan antara knowledge dengan kebijakan (policy).

” Prambanan, Wisata Budaya “

Sebagai sebuah bangsa yang berbudaya, tentunya Indonesia mempunyai beragam budaya beserta hasil yang berupa produk budaya. Apalagi jumlah suku yang mendiami Indonesia cukup banyak, yakni lebih dari 252 suku bangsa yang menggunakan bahasa yang berbeda sehingga hasil karya budaya yang dihasilkan pun banyak sekali. Produk-produk budaya tersebut bisa berupa bahasa, kesenian tradisional, kerajinan dan lain sebagainya.

Tentu saja apabila hal dikelola dengan baik, hasil produk budaya tersebut tentu akan dapat mendatangkan manfaat yang tidak hanya dirasakan oleh masyarakat suku yang bersangkutan tetapi mlebih luas lagi masyarakat dunia pun dapat menikmatinya. Untuk mengelola itu semua tentunya tidak bisa sembarangan, tetapi harus dengan menggunakan pengetahuan. Inilah peran dari knowledge economy.

” Ondel-ondel Betawi “

Banyak sekali sumber budaya yang dapat membawa dampak bagi perkembangan ekonomi ke arah yang positif. Dengan banyaknya kunjungan wisata baik itu dari turis asing maupun turis domestik maka akan berdampak pada meningkatnya pendapatan masyarakat sekitar dan pertumbuhan ekonomi pun akan sejalan dengan hal tersebut, tentunya hal ini dari sektor pariwisata. Selain dilihat dari segi ekonomi hal lain yang diuntungkan dari sektor ini adalah bertambahnya pengetahuan dari turis yang berkunjung untuk mengenali budaya-budaya yang ada.

Indonesia tidak hanya kaya akan budaya, tetapi juga kaya akan sumber daya alamnya baik berupa aneka hasil tambang ataupun pemandangan alamnya yang indah baik daratan maupun lautan. Sayangnya apabila sumber daya alam tersebut apabila tidak dikelola dengan bijaksana tentunya akan merugikan dengan terjadinya kerusakan alam ataupun bencana lainnya. Knowledge Economy yang disini berperan sebagai sebuah “produk” bila saja diterapkan dengan baik oleh sumber daya manusia Indonesia tentunya akan sangat bermanfaat bagi bangsa ini dan tidak mungkin tidak Indonesia akan sejajar dengan bangsa-bangsa yang sudah lebih maju.

6 Comments »

  1. Diyahlaila said

    lestarikan budaya indonesia,

  2. muni said

    udah gw link. link balik ya..😀

  3. muni said

    ni posting buat lomba blogging ya?
    salam kenal. eh, tak link ya.😀
    ——————————————-

    yup, salam kenal juga. Udah ku link balik koq !
    -dHarto..!!-

  4. vini said

    najhong dach yang komen di atas ,.

    bwua ha ha ha

    gw ngakak abis

    duch ,.

    Tetap semangat !!
    —————————————–

    ajak2 yang lain kalo ketawa, supaya ga di sangka g**a
    -dHarto..!!-

  5. lufthi said

    win mau berdiri di samping ondel2 tetep aj gak bikin lo gemuk n gede kya ondel2 hahahahaha
    ——————————————————————————————–

    iya nih, susah mau gemuk kaya ondel2 aja..
    -dHarto..!!-

  6. arizane said

    hehe yang putu ondel2..mirip deh hihih

    joke!!
    ——————————————-

    anak ondel-ondel tepatnya..
    -dHarto..!!-

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: