Wisata Bahari, Pulau Bidadari..! (bag III)

Kali ini bahasannya masih tentang Pulau Bidadari. Sedikit mengenai sejarah Pulau Bidadari dan lingkungannya.

Kawasan pulau ini memang diperuntukkan untuk resor wisata, jadi nggak ada penduduk yang tingga disana. Karena nggak begitu luas, jadi untuk mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki bisa menghabiskan waktu nggak lebih dari 60 menit.

Sejarah Pulau Bidadari nggak lepas dari masa kolonial Belanda. Sehingga masih terdapat bangunan peninggalan Belanda disini, yaitu Menara Martello. Pada abad ke-17 Pulau Bidadari digunakan sebagai penunjang aktifitas Pulau Onrust yang terletak di sebelah selatan. Pulau Bidadari sempat bernama Pulau Sakit, karena pernah dibagun rumah sakit lepra pada tahun 1679 yang dibangun oleh VOC. Pulau ini sempat hancur karena serangan Inggris sekitar tahun 1800 kemudian dibangun lagi oleh Belanda tahun 1803.

Serangan Inggris kembali menghancurkan Pulau Bidadari tetapi lagi-lagi Belanda membangunnya pada tahun 1827. Bangunan yang dibangun waktu itu adalah asrama haji yang sampai tahun 1933 masih berfungsi. Setelah asrama haji nggak difungsikan lagi, Pulau Bidadari sempat kosong, nggak berpenghuni dan nggak pernah dikunjungi orang sampai tahun 1970.

“Menara Martello si Gudang Amunisi”

Sekarang Pulau ini telah berubah menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi orang karena lokasinya yang nggak begitu jauh dari daratan Jakarta. Kawasan pantai sebelah timur Pulau Bidadari sangat bagus untuk foto-foto, atau sekedar duduk bersantai menikmati lembutnya pasir putih dan sejuknya angin pantai.

“Keceriaan”

Tapi agak disayangkan karena explorasi manusia yang berlebihan jadinya pulau ini agak sedikit mulai tercemar. Mungkin karena jarak yang dekat dengan daratan Jakarta sehingga banyak orang yang datang dan banyak juga aktifitas yang dilakukan. Seperti sampah-sampah yang menumpuk di bagian belakang pulang ini. Sehingga harus di bakar untuk mengurangi sampah tersebut. Sisi baiknya adalah sampah tersebut nggak dibuang ke laut sehingga nggak mencemari ekosistem laut, sisi baik lainnya adalah adanya pelestarian mangrove yang ada disebelah timur pulau ini dan adanya hutan “konservasi” tropis tepat ditengah pulau ini yang merupakan habitat elang bondol.

“Asap pembakaran sampah”

“Mangrove penahan abrasi pantai”

Tapi diluar itu semua, Pulau Bidadari tetap menyimpan pesona yang unik. Pesona alamnya patut untuk dinikmati tetapi dengan tetap memperhatikan keasrian lingkungan dan menjaga kelestarian alam.

“Mengawasi sang anak”

“Dermaga penantian”

17 Comments »

  1. Sepp dah, suatu hari aku akan kesana🙂

  2. Wisata Indonesia mantap, MERDEKA …:D

  3. subhanallah,,, indah bener tuh pulau… ckckckckc… bulan madu kesana enak kayaknya, hahahaha

  4. Jusmi said

    pulau bidadari itu letaknya dimana sich???
    ada yg punya keterangan lengkap ttg objek ini tidak, minta donk???

  5. jack said

    mantap kali, jangan bunag sampah di situ dong

  6. andre said

    jangan buang sampah di sembarang tempat,. ok

  7. nanda said

    saya setuju,
    ato kita jaga bumi indonesia kita

  8. pulau bidadari memang solusi wisata murah dalam tanah air.. thanks info nya🙂

  9. Faqih said

    Mantap2.
    I like a beach…

  10. noni said

    btw,brapa naik speedboat dr marina ancol ke pulau bidadari??
    gw bth info cpt, mw ksana pas liburan ini
    thx
    ——————————————————————-

    kayaknya sih, untuk 1 day trip dari Marina Ancol ke Pulau bidadari tuh sekitar 245 ribuan..
    info lengkap disini blog.pulauseribu-wisata.com

    -dHarto..!!-

  11. cutfarathamrin said

    🙂 miss that time so….. 8->
    ——————————–

    makanya dex, ke jakarta lagi dung, nanti lo bisa jalan-jalan sama w lagi deh!!😀
    -dHarto.!!-

  12. QQ can-can said

    pengen ih…
    kpn ya bs kesana….
    ———————-

    kalo bisa waktu libur tapi jangan libur yang pas anak2 sekolah libur, soalnya bakalan rame
    -dHarto..!!-

  13. vini said

    Pengen dech, kita bawa bekel dari rumah,

    terus gelar tiker, terus tukeran bekel deh

    terus makan pake sambel di pinggir pantaiiiii

    SeDePh banGeT
    ——————————————-

    yuk, kapan-kapan lagi
    tinggal atur aja deh
    -dHarto..!!-

  14. ridu said

    duuh.. jadi pengen deh liburan ke sono..
    ————————————————————————
    darto: “Kayanya seru tuh kalo Leadership Trainingnya di pulau bidadari aja!😀 “

  15. dedeh said

    ad gambar.7
    sungguh terlihat bagaikan wanita yg baik hati dan keibuan yang penuh perhatian seta kasih sayang..
    *huwakakakakakak… 8)
    —————————————————————————————————
    dharto: “sepertinya komentar ini ditujukan untuk seseorang deh!!!…yang pasti bukan aku…😛 “

  16. Wah nostalgia nih dengan kepulauan seribu.. jaman masih SD sering ke Pulau Putri..3-4 jam lebih jauh dari Bidadari..

    Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari afrika barat!
    ————————————————————————————————–
    dharto: “wow,,pengunjung dari jauh toh! Afrika Barat, kalo denger kata afrika yang kebayang cuma panas, bener ngga sih?. Anyway, thanks udah mau berkunjung..”

  17. gunsanadi said

    “Mengawasi sang Anak????”

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: