Ada yang aneh dengan anak sekolah hari ini.

Pagi ini, dalam perjalanan dari rumah ke kampus yang biasanya dilalui setiap hari dengan biasa-biasa saja tiba-tiba ada yang beda. Di seputaran Pondok Rajek, aku menyebutnya, tepatnya di jalan di depan masjid aku melihat sekumpulan anak-anak usia sekolah dasar yang sedang berjalan beriringan dengan memakai pakaian yang agaknya aneh menurutku diiringi tabuhan suara rebana yang mengalun merdu menguntai nada-nada seperti lagu-lagu kosidahan yang tidak dinyanyikan liriknya. Karena yang pertama kali adalah urutan paling belakang dari barisan anak-anak ini dan tentu saja yang terlihat hanya bagian belakang dari postur tubuh mereka yang kecil-kecil, aku menerka apakah ada pengantin sunat yang biasanya diarak keliling kampung.

Semakin kearah depan motorku berjalan aku melihat sesosok anak lelaki kecil yang berjalan mengenakan baju tradisional berwana hijau dan menggunakan kain batik sebagai bawahan seperti pakaian tradisional orang jawa, didampingi seorang perempuan paruh baya yang kemungkinan besar itu adalah ibunya. Semakin kedepan barisan itu kulihat anak perempuan kecil yang mengenakan kebaya warna putih berjalan beriringan dengan temannya yang juga mengenakana pakaian tradisional entah dari mana asalnya. Pikiranku yang sebelumnya menduga barisan ini adalah arak-arakan pengantin sunat semakin pudar karena semakin kedepan lagi aku melihat semakin banyak anak-anak kecil lelaki dan perempuan yang menggunakan pakaian dari daerah-daerah yang ada Indonesia. Ada yang kulihat memakai pakaian khas Dayak, ada juga yang memakai pakaian khas Sunda, dan masih banyak lagi pakaian dari daerah yang aku sendiri tak tahu dari mana asalnya.

Anak-anak ini berjalan beriringan menuju sekolah dasar negeri yang letaknya didepan, tak jauh dari arah mereka berjalan. Dalam pikiranku terlintas kalau mereka adalah siswa-siswi yang sedang menuju sekolahnya, tapi mengapa menggunakan pakaian yang tidak biasa? apakah hari ini peringatan Sumpah Pemuda? setahuku Sumpah Pemuda itu di peringati pada bulan Oktober, sedang bulan ini adalah bulan April. Oh iya, hari ini adalah tanggal 21 April dalam pikirku, aku langsung sadar kalau tanggal 21 April itu diperingati sebagai Hari Kartini. Pantas saja anak-anak berangkat ke sekolah dengan memakai pakaian yang tidak biasa, pakaian tradisional daerah-daerah Indonesia.

-Selamat Hari Kartini-

1 Comment »

  1. diyniy said

    Masih ada yah?Inget jaman tk dulu…hikz….
    Tapi lucu juga kali yah kalo anak kuliahan ngerayain kartinian kaya jaman tk dulu…pake pakean tradisional gitu?hehe

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: