LDK KOPERTIS WILAYAH III

Awalnya saya hanya diberi amanat oleh Wakil Rektor III untuk mengikuti acara Latihan Dasar Kepemimpinan yang diselenggarakan oleh KOPERTIS WILAYAH III. Dari Universitas Budi Luhur hanya mengirim dua orang perwakilan karena memang setiap universitas hanya diberi quota dua orang.

LDK ini diselenggarakan selama tiga hari dan dua malam, yaitu sejak tanggal 27 Juli 2007 sampai 29 Juli 2007 di Cisarua, Bogor. Pesertanya berasal dari sebagian besar universitas swasta yang ada di Jakarta Selatan.

Jumat, 27 Juli kami harus berkumpul di kantor Kopertis pukul 13.00 siang untuk persiapan berangkat menuju Cisarua. Sebenarnya saya dan rekan saya, Ridu, belum pernah tahu dimana kantor Kopertis berada. Berkat bantuan wikimapia.org dan tanya beberapa orang selama perjalanan akhirnya kami sampai di kantor Kopertis, Cawang.

Sekitar pukul 2.30 siang akhirnya rombongan peserta LDK diberangkatkan dan sekitar pukul 15.30 kami tiba di penginapan. Setibanya di penginapan sudah disediakan kamar yang setiap kamar berisi kurang lebih 6 sampai 8 orang. Karena acaranya pembukaan dimulai pukul 19.00 jadi kami punya waktu untuk beristirahat cukup lama sambil menikmati pemandangan alam pegunungan juga sekalian berkenalan dengan para peserta LDK dari universitas lain.

LDK kali ini adalah LDK yang paling tidak menghabiskan tenaga dan pikiran, LDK kali ini juga sangat menjamin ketersediaan makanan serta kualitas gizi yang bisa dibilang tidak seperti LDK-LDK lain yang pernah saya ikuti.

Selama acara berlangsung saya sangat menikmati materi-materi yang diberikan oleh fasilitator terutama yang beraktivitas di luar ruangan, dari kerja kelompok untuk membuat sebuah karya tangan, kemudian ada permainan kereta buta. Banyak manfaat yang dapat saya ambil dari permainan tersebut. Dalam materi konflik dan negosiasi, kami diberikan suatu permasalahan yang harus diperdebatkan. Para peserta dalam sesi ini sangat antusias sekali, tetapi sayang pada saat perdebatan itu mencapai titik puncaknya kami diharuskan untuk bernegosiasi untuk mencari solusi terbaik dari permasalan tersebut.

Malam Minggu, yaitu malam terakhir dari acara ini. Dengan inisiatif sendiri, para peserta mengadakan acara api unggun serta pentas kreatifitas masing-masing peserta dalam kelompok. Saya malam itu masuk kelompok 2 yang beranggotakan saya sendiri, Willy(Univ.Pancasila), Ridu(UBL), Ayu(Perbanas), Mira, Rizky dan Wanda(STIE Indonesia) dan Thomas (UPH). Dalam pentas tersebut kami menampilkan sebuah drama klasik remaja. Para peserta lain juga sangat antusias sekali malam tersebut, acaranya di pandu oleh Agnes(STIE trisakti) dan Undang(IBS), terlihat dari kreasi yang yang ditampilkan sangat beragam serta penuh ide kreatif walaupun persiapan untuk tampil hanya beberapa saat sebelum acara dimulai.

Kelompok 2 (dari kiri : Thomas, Rizky, dHarto, Mira, Ridu, Ayu, Wanda, Willy)

Keesokan harinya diakhir penutupan diumumkan beberapa perserta dengan predikat peserta favorite dan peserta paling menyebalkan. Dari kategori peserta favorite adalah Jannah(UHAMKA) dan Ady(London School) sedangkan peserta paling menyebalkan adalah Agnes(Si pembawa cara malam api unggun) dan Oho(IISIP). Yang mengesankan dari kedua peserta paling menyebalkan ini adalah keduanya gemar sekali bicara. Akhirnya acara ditutup pukul 14.30 lalu kami diberangkatkan kembali ke tempat kami berkumpul yaitu di kantor Kopertis.

Dari acara ini saya banyak mengambil manfaat, setidaknya saya bisa refreshing dari penatnya kegiatan sehari-hari dikampus, saya juga dapat teman baru dari berbagai universitas dengan bermacam karakteristiknya, walaupun baru dua hari kami baru saling kenal. Setidaknya ini untuk menjalin pertemanan yang lebih luas. Saya juga dapat pengalaman dan pengetahuan baru yang tidak saya dapatkan dikampus.

1 Comment »

  1. wikimapia.org bang kasih urlnya

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: