Tahun 2020 Indonesia Jadi Macan Ekonomi Dunia

Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu negara di dunia dengan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar ke-7 pada tahun 2020.

Hal tersebut diyakini Chief Economist dari Deutsche Bank Prof.DR. Norbert Walter dalam jumpa pers yang membicarakan mengenai perkembangan ekonomi global, di Hotel Four Season, Jakarta (9/7/2007).

Berdasarkan hasil penelitian dari Deutsche Bank Research, untuk evaluasi pertumbuhan jangka panjang dari 2006 hingga 2020 menggunakan 4 penggerak utama. Yakni pertumbuhan populasi, banyaknya investasi yang tumbuh di negara tersebut, modal SDM (Sumber Daya Manusia) dan keterbukaan perdagangan atau transparansi.

Dari keempat faktor itulah Indonesia diprediksi sebagai negara dengan pertumbuhan PDB terbesar ke-7 di dunia.

Pertumbuhan ekonomi yang kini dinikmati oleh negara maju di Eropa akan bergeser ke negara-negara di kawasan Asia. “Dalam jangka panjang gravitasi ekonomi dunia bergeser ke Asia,” ujarnya

Lalu siapa yang menjadi nomor 1? Tidak lain, negara yang terletak di Asia Selatan, yakni India. India akan menjadi bintang dengan pertumbuhan GDP tertinggi pada tahun 2020.

“Jadi dari hasil tersebut, India merupakan negara yang pertumbuhan GDP-nya paling tinggi hingga tahun 2020,” jelasnya.

Untuk Cina, Walter mengatakan bahwa pada tahun 2020 Cina tidak lagi menjadi negara dengan pertumbuhan PDB tertinggi, tapi mendapat peringkat ketiga setelah India dan Malaysia. Ketiga negara ini memiliki pertumbuhan di atas 5 persen.

“Cina tidak lagi jadi yang pertama karena dia akan menghadapi beberapa masalah dalam beberapa tahun ke depan seperti masalah terhadap lingkungan, dan juga kekurangan SDM usia produktif,” jelasnya.

Dalam hasil penelitian tersebut, India, Malaysia dan Cina menjadi bintang pertumbuhan di 2006-2020. Sementara Indonesia menempati peringkat 7 dalam hasil penelitian tersebut.

Negara maju seperti AS, Jerman dan Jepang diprediksi akan menempati urutan ke 11, 12 dan 13 dari daftar Walter. Kalah dari negara latin seperti Meksiko dan Chili yang menempati urutan 8 dan 9.

Berikut ranking pertumbuhan PDB pada tahun 2020.

1. India
2. Malaysia
3. Cina
4. Thailand
5. Turki
6. Irlandia
7. Indonesia
8. Korea Selatan
9. Meksiko
10. Cili
11. AS
12. Jerman
13. Jepang.

sumber : detikfinance

1 Comment »

  1. gunsan said

    mungkin hal itu bisa aja terjadi klo memang indonesia bisa menjamin semua investor asing untuk datang dan menanamkan modal mereka di indonesia raya ini, namun smpai sekarng indonesia masih ga aman dan sangat ribet banget untuk memulai dikarenakan birokrasi yg jlimet.
    cuma satu emang kata kunci remformasi ahklak para pejabat negara.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: