Warna Buah dan Manfaatnya

Banyak dari kita yang gemar makan buah, mulai dari melon hingga jeruk. Buah juga sangat bermanfaat bagi tubuh karena kandungan Vitaminnya yang diperlukan oleh tubuh, terutama vitamin C. Selain itu juga, kita dapat melihat kandungan zat apa saja yang terkandung dalam buah dengan melihat warna dari buah tersebut.

Bagi anda yang gemar makan buah, berikut ini beberapa kandungan berdasarkan dari warnanya:

1. Merah

Warna merah buah banyak terdapat dalam buah seperti semangka, strawberry, tomat dan jambu biji. Warna merah pada buah tersebut mengandung zat yang namanya antosianin dan likopen. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kemunduran daan mental agar kita tidak mudah pikun. Selain itu, likopen juga mencagah berbagai macam kanker.

strawberry

2. Jingga

Melon jingga , pepaya, jeruk dan semua buah yang mengandung warna jingga mengandung betakarotin. Fungsi betakarotin menghambat proses penuaan sel. Sel-sel di dalam tubuh kita makin lama makin tua, dan jika sudah terlanjur tua, maka tugas betakarotin meremajakan kembali. Selain itu, betakarotin yang ada di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang akan memacu sistem kekebalan tubuh, yang membuat kita tidak mudah terserang penyakit.

melon

3. Kuning

Belimbing, nanas, pisang dan buah lain yang berwarna kuning kaya akan kalium Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kalium bermanfaat mencegah stroke dasn jantung koroner. Kalau Anda suka makan nanas, apalagi dijus, selain rasanya segar, ternyata juga membantu menyembuhkan diare dan mempercepat penyembuhan radang.

4. Hijau

Tengok yang namanya alpukat, melon, anggur hijau. Buah-buahan ini banyak mengandung asam alegat, yang sangat ampuh menggempur bibit sel kanker jenis apa pun. Asam alegat juga membantu menormalkan tekanan darah karena buah berwarna hijau juga mengandung kalium.

avocado

5. Putih

Buah yang berwarna putih antara lain sirsak, duku, kelengkeng, dan leci. Kandungan serat dan vitamin C dalam buah-buahan berwarna putih ini tinggi. Memang tidak begitu banyak mengandung antioksidan, tapi serat juga sangat dibutuhkan dalam tubuh. Manfaat langsung serat itu membuat kita nyaman saat buang air besar.

lychee

Mengkonsumsi buah tentunya sangat baik untuk kesehatan. Tetapi selain itu , kita tidak hanya mengkonsumsi buah saja, ada makanan lain yang kita konsumsi setiap hari dan semua makanan tersebut belum tentu menyehatkan. Oleh karena itu hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengurangi makanan yang mengandung bahan tambahan kimia sintetis seperti pewarna, baking soda, besoat, dan esen. Bahan-bahan ini merupakan sumber radikal bebas yang merangsang jaringan menjadi hiperaktif dan dapat memicu timbulnya kanker. Penyedap makanan juga menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Saat membeli makanan kemasan perhatikan komposisi bahan yang terkandung didalamnya.

7 Comments »

  1. saya suka apel, tomat, pisang dan pepaya. dari dulu saya nggk pernah merhatiin watna buah, tapi melalui artikel ini, saya jadi tahu. terima kasih, informasi yang menarik…

  2. Vivi.. said

    Tolong di Artikelnya di tambahin lagi donk
    Thank You..:-)

  3. KENNITA said

    aku dan anakku sofi makan buah stroberi 2 hari sekali, tentunya buahnya qta petik sendiri di kebun belakang rumah. qta punya 200 pohon lumayan buat keluarga kecil. anakku senang sekali stroberi walau kebanyakan rasanya masam.

  4. Advent said

    Thank untuk informasinya

  5. […] […]

  6. dita_rich said

    waah..bgus bgt siteny!..
    apa msh ada informasi ttg buah yg lainnya?
    Mkasih udh nmbh wa2san q.. omong2 bs kirim ke emailq? q tunggu y!..

  7. away said

    wah, ada tukang buah di sini…
    woi, tambahin blog gw donk di link elu…
    ntar gw link balik deh…

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: