Masjid Agung Natuna

Masjid Agung Natuna

Masjid Agung Natuna

Jika datang ke Natuna sempatkan untuk berkunjung ke masjid Agung Natuna. Masjid ini letaknya tak jauh dari pusat kota Ranai. Pemandangan Gunung Ranai menjadi latar belakang Masjid Agung Natuna ini. Lokasi masjid ini agak kedalam, sedikit jauh dari jalan utama menuju Ranai. Masjid ini terlihat megah sekali, apalagi saat dilihat dari dekat. Bukan cuma Jalan menuju masjid natunadilihat dari dekat, masjid ini bisa dilihat dari dalam pesawat yang akan mendarat di Landasan Udara Ranai.

Karena tidak ada angkutan umum di Ranai, untuk mengunjungi Masjid Agung Natuna kita bisa menyewa mobil atau motor yang banyak sekali disewakan oleh penduduk setempat. Tidak sulit untuk menuju masjid ini, dari pusat kota Ranai kita harus menuju ke arah utara kurang lebih 2 kilometer. Letaknya di kaki Gunung Ranai. Dari jalan utama kita harus masuk lagi kedalam kurang lebih 1 kilometer tapi dari jalan ini sudah tampak bangunan masjid yang berkubah hijau dengan menara-menara disekelilingnya.

Pintu Utama MasjidMasjid ini akan terlihat indah ketika dilihat dari dekat, terlebih jika kita masuk ke dalam. Lokasi tempat wudhu ada di ruangan yang terletak dibawah, jadi ketika menaiki tangga untuk menuju pelataran masjid, kita diharuskan untuk menuruni tangga lagi untuk mengambil wudhu. Ruangan toilet dan tempat wudhu masih terlihat bersih dan baru. Untuk tempat wudhu laki-laki ada disebelah barat, sementara untuk tempat wudhu perempuan ada disebelah timur.

Dari tempat mengambil wudhu, kita harus naik lagi untuk menuju ruangan utama masjid. Ketika memasuki ruangan utama masjid terlihat sekali bahwa masjid ini begitu besar. Ornamen kubah jika dilihat dari dalam masjid ini indah sekali, sementara bagian depan dan mimbar khotib terlihat natural dengan ukiran kayu yang catnya yang berwarna coklat.

Mimbar kayuBeberapa shaf bagian depan khusus untuk jamaah laki-laki sementara untuk jamaah wanita ada dibagian agak belakang tak jauh dari shaf di depan dengan pembatas kayu yang tingginya tak lebih dari 1 meter. Pintu utama yang bermotif ukiran pun terlihat sangat besar. Jika dilihat dari luar akan tampak Kubah Utama masjid ini dengan beberapa kubah kecil disekelilingnya dan 4 menara masjid di keempat sisinya. Untuk masalah kekhusyukan sholat, itu urusan pribadi masing-masing dengan Tuhan, jadi tak perlulah diceritakan disini.

Masjid Agung Natuna ini diresmikan pada tanggal 04 April 2009 oleh Bupati Natuna, Drs.H Daeng Rusnadi,M.S. Kawasan sekitar masjid juga akan dilengkapi dengan Asrama Haji, Gedung Pertemuan, Gedung Pendidikan, Gedung Komersial, Plaza serta taman kota.

Masjid Agung Natuna

Masjid Natuna, Latarbelakang Gunung Ranai

About these ads

2 Comments »

  1. ghani said

    bloger ranai datang,,,
    kujung & follow ya..

  2. anak lab said

    itu yang pake baju merah siapa ya? :D

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: