Jakarta Kota Tua

Akhirnya rencana sebulan lalu terlaksana juga. Bareng temen-temen seangkatan ke Kota Tua, Jakarta untuk melihat sisa-sisa kejayaan Jakarta tempo Dulu.

Museum Fatahillah waktu Sore

Ini baru pertama kali saya kesana, dan ternyata lokasinya tepat disamping Halte Busway Kota atau 100 m di depan Stasiun Jakarta Kota alias stasiun Beos.

Di Kawasan Kota Tua ini ada beberapa tempat yang bisa dituju diantaranya Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Fatahillah, Kantor Pos Kota, Jembatan Kota Intan dan Museum Bahari. Sayang kami sampai sana jam 3 sore jadi beberapa museum sudah tutup jadi hanya sempat masuk ke Museum Wayang.

Anak-anak Panti Werda, hahaha...

Lokasi Jembatan Kota Intan ada di luar kawasan Museum Sejarah Jakarta, Jembatan dengan tipe angkat ini dulunya digunakan untuk menyebrang dari sisi sebelah barat ke sebelah timur, jadi kalau ada kapal yang masuk lebih ke dalam dari pelabuhan Sunda Kelapa, jembatan ini akan diangkat, tapi sekarang sudah tidak lagi. Sayang kami tidak sempat kesana.

Atraksi hiburan di Fatahillah

Suasana hari libur di Kota Tua ini cukup ramai baik oleh pedagang makanan maupun pengunjung. Tapi satu hal yang kurang adalah jarang ditemui tempat sampah, sehingga sampah jajanan banyak bertebaran dimana-mana.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi Stasiun Kota. Stasiun yang berarsitektur artdeco ini didirikan tahun 1870, hingga kini masih berfungsi dan dijadikan bangunan cagar budaya.

Bataviasche Oossterpoorweg Maatchappij

Yang ingin wisata kuliner bisa masuk ke “Batavia Cafe” tapi katanya sih harga makanannya lumayan mahal, sesuai dengan atmosphere dan rasa yang dihidangkan.

Cafe Batavia

Untuk sampai di Kawasan Kota Tua (lihat peta lokasi Kota Tua Jakarta):

  • Bus Trans Jakarta  Blok M – Kota [Tiket IDR 3.500]
  • Rute Bus Trans Jakarta Lain – Harmoni/Dukuh Atas – Kota
  • KRL tujuan Stasiun Kota:
  • Bogor-Kota KRL Ekonomi AC tiket IDR 5.500
  • KRL Ekonomi non AC IDR 2.500
  • Angkot lain yang menuju Kota IDR 2.500
About these ads

30 Comments »

  1. anggia said

    kalo dari statsiun beos mau ke kota tua gimana lg bang
    ——————————————————

    Kota Tua berada tepat di depan Stasiun BEOS. Tinggal jalan kaki saja.
    ~ dhartodar ~

  2. wiwin said

    permisi numpang tanya dong

    kalau saya dari tangerang gading serpong mau ke kota tua naik bus apa jurusan apa trs trn dmn y? ditunggu .

    terimakasih

  3. ovi said

    bang lok dr senen k stasiun kota naek angkutan umum pa y?slain busway

  4. daniel dwi cahyo said

    sorry gan mau tanya nih,, dari halte bus way kota itu perlu jalan kaki or naek angkutan umu lg dlu untuk bisa ke wilayahnya kota tua seperti museum fatahillah dll ??

  5. Shaniacantiikkkk said

    Maaf saya numpang nanya….. daerah paling populer di kota tua itu dmna ya? makasih

  6. arjawinangun said

    kl dari cikarang mw ke kota jakarta ,,n saya bareng ma temen 2 naek motor rutenya gmn ????

  7. yudha rusmyadi said

    permisi mau bertanya tanya boleh kan.?
    saya yudha dari kota cilegon, rencananya saya dan teman teman mau berkunjung ke kota tua.
    kalo naik bus kota merak-jakarta lebih deket turun dimana.? kp.Rambutan, kb.Jeruk, apa kl.Deres.?
    lalu kalo kita udah turun dari terminal kota terdekat lebih enak naik apa.?
    di tunggu informasinya. triima kasih.

    • dharto said

      dari Kalideres naik bus Transjakarta aja ke Harmoni, dari halte Harmoni lanjut naik trans Jakarta ke Jakarta Kota. Tinggal jalan kaki dari situ.

  8. boy said

    Kalo dari cibinong mau k kota tua naik motor gmn tuh arahnya??

  9. rendy said

    klo dari bogor naik motor lewat mana ia?
    tlong info nya dunk
    thnks

  10. fiki fadilah said

    kalo naek kereta dari serpong
    harus turun di stasiun jakarta kota ya
    ————————————————-

    Betul
    Jadwal kereta bisa dilihat disini http://www.serpongkita.com/index.php?milih=m

  11. nia said

    kLO mw k’kota tua dri arah terminal tanjung priok make motor lewat mana ya.. tlong donk ksih infonya
    thanx

    • gita said

      Kalo naik motor dari Tanjung Priok ke arah Ancol terus masuk Jl. R.E.Martadinata, terus ke arah Kp. Bandan… udah deh, masuk wilayah Kota Tua.

  12. Vicya said

    Kalau dari kerawang k kota tua itu pake kereta jurusan apa ya?
    ————————————————————————————————-

    Lokasi Kota Tua tepat di depan stasiun Jakarta Kota (BEOS). Nah, mungkin kalau ada kereta dari Karawang yang tujuan Jakarta Kota bisa ditumpangi tuh.. :D . Selamat berwisata
    -dHarto..!!-

  13. vini said

    Kota tua itu harusnya dilestarikan ya ,. sayang banyak bangunan yang gak diurus ,.

    tapi kota tua emang punya banyak sudut yang menarik ya
    jadi gak pengen kehilangan satu momen pun buat poto poto,. he he he
    —————————————————————————————————————————-

    sekarang udah lebih enak nek, jalan yang disekitar museum tuh sekarang udah ditutup buat kendaraan, sekarang hanya dikhususkan untuk pejalan kaki dan wisatawan. So, lebih enak sekarang jalan di sana..

    -dHarto..!!-

  14. ridu said

    wah itu anak-anak panti wreda-nya pada sadar kamera dan narsis yaa?? :lol:

  15. lemonjuz said

    hidup pariwisata Indonesia!!!

  16. satriya said

    waah…
    keren jg Jakarta Lama kita..

    Keep on posting bro..
    :berharap di friend list:
    :P :P :P :P

  17. ridhoyp said

    whoah.. patab bang.. :-bd two thumbs!!.. hihihii.. coba bang dharto yang maen api.. lebih mantabh.. :) waktu tu ridho kesana siang2, jadi ada nya angin doang sama panas.. heheheh.. yang penting udah kesana :)

  18. suretianto said

    wuah kalo gwe untuk sampai ke kota tua gak pake ongkos tuh dari kebayoran lama ngepit, alias ngegoes cepet ko kebayoran->tanahabang->belok kanan, belok kiri dikit–>trus tinggal lurus terus deh

    hehehe

    sempet ngegoes bareng anak2 KOBA sambil putu2 di kota tua. seru……..
    ——————————————————————————————-

    pengen sih ‘pit2an’ lagi, apalagi pake ‘onthel’ tapi..
    nggak punya ‘pit’ :D

    -dHarto..!!-

  19. Bang dharto jalan-jalan mulu nie ah
    ——————————————————————————————-

    mau jadi traveler kan..!!
    jadi turis di negeri sendiri… :P

    -dHarto..!!-

  20. trah layar said

    waduh jadi wisatawan nih ya
    ikutan gabung Dong
    udah pernah lom ke gunung bromo Malang jawa timur

    Salam Kenal Yudo
    ——————————————————————————————-

    Boleh juga tuh Bromo,,belum pernah kesana :D
    next time kali ya..
    Salam kenal juga

    -dHarto..!!-

  21. gunsanadi said

    kereta ekonomis aje lagi…
    langsung nyampeh….
    ——————————————————————————————-

    mau jadi komunitas pecinta kereta juga nih??

    -dHarto..!!-

  22. fara said

    oo.. harga baswey masi tetep ya?kirain jd naik..
    oce, klo gt ke Istana Bogor nya naik baswey aja ya pak :D
    ——————————————————————————————-

    masih lah de..
    lo sih ga pernah kesini

    -dHarto..!!-

  23. gunsanadi said

    photonya keren2 deh…..
    Next Destination : “Istana Bogor”
    ——————————————————————————————-

    w yang uplot… :D

    -dHarto..!!-

  24. gemboel14 said

    hehehehehhee….sebenernya tuh,aku udah pake kata2 “aku” tapi diakhir2 tu,aku replace pake kata gue!!!hehhehe…….
    paragraph??hmmmm…bener juga ya!!!kasihan yang baca,mumet!!
    thanxz buat commentnya!!
    ——————————————————————————————-

    ok, sama2

    -dHarto..!!-

    • radenmas ragiman djoyodiningrat said

      arah dr monas k pantai ancol klo pke motor lwat mn ya

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: