Liburan di Jogja ala “BackPacker”

Liburan akhir semester ini ku manfaatkan untuk berlibur ala backpacker ke Jogja. Sekaligus menunggu waktu wisuda yang masih satu bulan lagi. Bersama 2 orang temanku, Andri dan Lilis, kami berangkat dari Jakarta dengan menggunakan kereta Taksaka Malam tujuan Jogja. Waktu itu hari Kamis, 14 Februari 2008. Tiketnya sendiri sudah kami pesan sehari sebelumnya dengan harga Rp.180.000 dan Perjalanan ditempuh dalam waktu 8 jam. Hari berikutnya satu temanku lagi, Devi, datang menyusul. Setibanya di Jogja dua sepupuku akan menemani kami keliling Jogja.

Ada beberapa alternatif untuk sampai di Jogja bisa dengan pesawat terbang yang memakan waktu 50 menit dengan tiket seharga kurang lebih Rp.300.000 atau bisa juga dengan menggunakan bis antar kota yang memakan waktu sekitar 12 jam dengan harga tiket antara Rp.50.000 – Rp.100.000. Tiba di Jogja kami merencanakan tempat wisata apa saja yang akan kami kunjungi.

Hari pertama, Manding.

Karena hari itu hari Jumat, setelah sholat Jumat usai kami bergegas ke sentra industri kerajinan kulit yang berlokasi di daerah Manding, Bantul. Memasuki wilayah ini, disepanjang jalan berjejer toko yang menjual berbagai produk kerajinan kulit dengan harga yang cukup terjangkau dan kualitas yang tidak kalah bagus dengan barang-barang yang di jual di toko-toko di pusat kota, ditambah lagi dengan pilihan dan model yang beragam mulai dari sandal, sepatu, tas, jaket, topi, dompet, ikat pinggang, dan berbagai pernak-pernik lainnya yang terbuat dari kulit. Harga yang ditawarkan pun terjangkau mulai dari ribuan hingga ratusan ribu tergantung model dan bentuk, tetapi untuk belanja disini harus pandai menawar.

Hari kedua, Prambanan dan Pantai Depok.

Dengan menggunakan sepeda motor untuk menuju Prambanan dibutuhkan waktu sekitar 40 menit dari rumah yang berada di kawasan Wojobaru, Ringroad selatan. Sengaja kami melalui jalan Wonosari yang tidak seramai jalan Solo, disamping itu pemandangan sepanjang jalan ini masih asri dan menyejukkan mata. Tiket masuk ke kompleks candi Prambanan adalah Rp.8.000/orang. Di kompleks candi Prambanan ini dapat dilihat bangunan candi Hindu yang dibangun sekitar tahun 850 Masehi. Terdapat 3 candi yang berukuran besar dan 2 candi ukurannya lebih kecil. Tapi kami hanya dapat melihat candi ini dari luar pagar karena candi-candi ini sedang dipugar karena gempa tahun 2006 silam. Keluar dari kompleks candi Prambanan kami sempatkan untuk makan siang disekitar candi, hanya dengan Rp.5.000 saja kami sudah dapat menikmati pecel dengan lontong ditambah satu tusuk sate telur puyuh.

Setelah makan siang kami lanjutkan ke kompleks candi berikutnya yang berada di sebelah utara candi Prambanan, yaitu candi Lumbung, candi Bubrah, dan candi Sewu. Ketiganya merupakan kompleks candi Buddha namun yang terbesar adalah candi Sewu sedang candi Bubrah sudah tidak berbentuk lagi dan hanya berupa puing-puing saja.

Dari utara Jogja kami menuju selatan Jogja, tepatnya pantai Depok. Disini kami melihat indahnya matahari terbenam sambil bermain-main dengan air. Karena Depok sendiri merupakan kawasan perkampungan nelayan, dipinggir pantai banyak sekali kedai-kedai yang menjual masakan laut. Harganya pun sangat terjangkau ditambah lagi suasananya yang mendukung, harga ikan cakalang perkilonya saja Rp.15.000 dan itu sudah dimasak. Hidangannya cukup beraneka ragam mulai dari Ikan, cumi, kepiting, udang, kerang, dan hasil laut lainnya.

Hari ketiga, Candi Borobudur.

Perjalanan ke candi Borobudur ditempuh dalam waktu 1 jam 30 menit. Sekitar 2 km sebelum candi Borobudur kami melihat candi Mendut yang tepat berada disisi jalan. Candi Borobudur dapat terlihat dari kejauhan karena letaknya yang berada diatas bukit. Tiket masuknya Rp.9.000/orang. Karena lokasinya yang berada diatas bukit maka untuk mencapai candi Borobudur cukup melelahkan bagi yang tidak terbiasa berjalan jauh ditambah lagi dengan jalan yang menanjak. Candi Borobudur memiliki 4 tingkatan yang masing-masing tingkatan terdapat relief yang menggambarkan kisah kehidupan manusia. Dari atas candi pemandangan sekitar candi sangat indah yang terdiri dari perbukitan. Turun dari candi kami sempatkan membeli minuman tradisional “Leugen”. Minuman ini dengan rasa manis ini terbuat dari air sadapan tangkai bunga kelapa. Segelas hanya Rp.1.000.

Hari keempat, Malioboro.

Kawasan yang cukup terkenal di kota Jogja ini menyuguhkan wisata belanja. Sepanjang jalan Malioboro berjejer beraneka macam pedagang, mulai dari pakaian, batik, souvenir, makanan khas Jogja, dan lainnya. Kami juga sempat mampir ke Mirota Batik. Toko berlantai 2 ini menyuguhkan berbagai macam pernak-pernik tradisional, bisa dikatakan dagangan yang ada di sepanjang Malioboro dijual disni.

Hari kelima, Keraton.

Kami hanya sempat masuk ke “Serambi”nya saja karena pukul 14.30 sudah tutup, tiketnya sendiri Rp.3.000/orang. Dipintu masuk dapat dilihat berbagai baju tentara keraton, kemudian ada bangsal Siti Hinggil yang digunakan untuk penobatan Raja, dan ada relief perjuangan Sultan Hamengku Buwono IX melawan penjajah Belanda pada tembok dekat pintu masuk. Dari situ kami pergi ke kediaman Sultan yang masih ditinggali hingga sekarang. Untuk masuk kami diharuskan membeli tiket seharga Rp.5.000/orang. Didalam kediaman sultan ini banyak terdapat benda-benda peninggalan Sultan Yogyakarta mulai dari sultan ke-II hingga sultan yang sekarang. Di pintu masuk terdapat kurungan ayam yang digunakan untuk upacara turun tanah, yaitu upacara untuk anak yang sedang mulai belajar berjalan. Disalah satu kamar terdapat tempat tidur yang terbuat dari perak sementara di bagian belakang rumah terdapat gamelan yang hanya dibunyikan pada waktu-waktu tertentu.

Ya, kami hanya sempat mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Sebenarnya masih banyak tempat wisata lainnya seperti Istana Air Taman Sari, Goa Cerme, Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri, Pantai Parang Tritis, Pemandian Air Panas Parang Wedang, Candi Ratu Boko, Kaliurang di lereng gunung merapi, Pantai Siung, Pantai Sundak, Pantai Wedi Ombo, Pantai Baron, dan masih banyak lagi tempat menarik lain di Jogja untuk dikunjungi.

About these ads

32 Comments »

  1. Nice post. I was checking constantly this weblog and I am inspired!
    Very useful info specially the last phase :) I maintain such information much.

    I used to be looking for this particular info for a very lengthy
    time. Thank you and good luck.

  2. Tulisannya sangat BAGUS dan BERMANFAAT,
    SUKSES SELALU.

    Dari:
    Alif Group (Car’ n Motor cycle Rental)

    http://rentalmobilyogyakarta.blogdetik.com/

    0274 – 6959 520 (Flexi), 0274 – 743 4961 (Flexi), 0878 6053 4593 (XL)

  3. Tulisannya sangat BAGUS dan BERMANFAAT, Menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta.
    dari http://rentalmotoryogyakarta.blogdetik.com/, 087.860.534.593 (XL)

  4. Tulisannya sangat BAGUS dan BERMANFAAT, Menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta.
    dari http://rentalmobilyogya.blogdetik.com/, 087.860.534.593 (XL)

  5. Nike Free said

    I simply couldn’t go away your web site prior to suggesting that I actually enjoyed the standard information a person provide on your visitors? Is going to be back incessantly to check up on new posts

  6. riskha said

    backpacker di jogja lebih asik dengan sewa motor, lebih cepat dan bisa mblusuk kampung2 eksotis di jogja. biasanya saya menyewa di Jogja Empat Roda. Silakan dech dikunjungi websitenya, motornya baru2.
    webnya: jogjaempatroda.blogspot.com.
    semoga infonya membantu.

  7. Jana said

    Trims catatan perjalanannya, Mas. Sangat membantu dlm rencana trip backpacker saya.
    ————————————————————————————

    Senang bisa membantu. selamat backpackeran di Jogja :)
    -dHarto..!!-

  8. Selamat berkunjung ke Jogja Istimewa!
    Salam sehat :)

  9. Josef said

    kalo mau ke jogja dan mau sekalian ke borobudur bisa nginep di hotel manohara… jadi lebih mudah ga usah bangun pagi2… bisa di booking di sini http://www.agoda.web.id/asia/indonesia/yogyakarta.html … mudah2an membantu.

  10. spokeshoes said

    walah ini blog nya windarto toh hehe….siap pak dosen hehe

    -inu-

  11. alfi said

    Hai, slm knl, aq Alfi dr Jkt.
    Rencananya Juni / Juli ini aq n bbrp tmn mw backpacker an k Jogja, kami pingin ke malioboro,taman sari,merapi,pantai (blm diputuskan pantai apa),serta candi prambanan n borobudur. Kami hny pny wktu 3 hari 2 mlm,mhn sarannya utk tahap2/tempat2 mana dulukah yg sebaiknya kami datangi bhub wktu kunjungan kami yg singkat.
    Trima kasih.
    ———————————————————————————————————

    hari 1: Prambanan dan Pantai [Parang Tritis/Pantai Depok]
    hari 2: Borobudur dan Merapi
    hari 3: Malioboro dan Taman Sari
    selamat berwisata di Jogja

    -dHarto..!!-

  12. poernomo said

    .. Mw ke jogja ala backpaker buat 2 orang 2-3hari ..
    Ksih tau dong Wisata yang Bagus+murah , penginapan disana mahal gag yh.. kira2 abis berapa ..
    .. Mkasihh sebelumnyh …

  13. Lucky dc said

    Terima kasih infonya, rencananya desember ini saya mau backpakeran ke jogja :-)
    ————————————————————————————-

    dengan senang hati berbagi info
    -dharto..!!-

  14. dina nirmala and zuliakha said

    salam wat anak al-Ashriyyah nurul iman aja

  15. borobudur..hmm…jadi inget masa lalu, jadi pengen lagi kesana :), terima kasih Indonesia

  16. […] Liburan di Jogja ala “BackPacker” […]

  17. yoyo said

    mw honeymoon k ygy nih. butuh bgt info tentang tempat2 asyiknya. lumayan jg mampir sini, jd ada panduan.
    ——————————————————————————————————–

    terima kasih sudah mampir
    -dharto..!!-

    • Ghielank said

      honeymoon di jogja?tanggung… Bali ato lombok aja skala…. haha

      Kalo mau enak ya ambil paket aja Yo, drpd ribet…

      t4 asik di jogja banyak,,

      1. Malioboro
      2. prambanan n borobudur
      3. pantai kukup n krakal
      4. kaliurang
      5. taman sari
      6. kraton
      7. parang tritis
      Dllllll

      Aku blg sih yang bener manteb Candi prambanan (nonton ballet ramayana nya juga) n pantai kukup dan krakal(satu komplek kok)…

  18. gadis said

    kira2 biaya keseluruhannya brp? transportasinya naik apa?
    —————————————————————–

    kalo biaya tergantung mau berapa hari di jogja, mau penginapan seperti apa serta transportasinya mau naik apa?
    untuk transportasi ke Jogja sendiri beragam ya, mulai dari kereta, bus malam, pesawat, dll. Harganya mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal ada semua.
    -dHarto..!!-

  19. alina said

    boleh juga tuh,,
    murah..
    ditambah sepi lagi,,,
    kl jadi backpaker tidur dmn???
    trz kl bawa uang 500-600rb satu orang cukup tak ya???
    ——————————————————————————————–

    cukup2 aja, malah kalo buat saya bisa lebih.
    untuk penginapan, banyak koq di daerah malioboro dan sekitarnya
    -dHarto..!!-

  20. L said

    mau nabung buat k jogja…
    bagi info penginapan murah dong..

  21. vea said

    Asyiknya backpackeran………
    Aku stay di Jogja lho…..kalo ada yang butuh2 info
    tempat wisata, tempat makan ato penginapan
    insyaAllah bisa ngasih
    Btw ada yang pernah backpacking ke Karimun nggak??
    ————————————————————————————–

    hhmm…jogjanya dimana?
    aku belum pernah ke karimun, ada rencana tapi belum tau kapan..

    -dHarto..!!-

    • sandy said

      hi met kenal.. aku mo ke jogja tgl 30 nov- 02 des 2009.. btw ada hotel yg murah tidak yach? dan tempat penyewaan mobil?

      • Ghielank said

        Hi Met kenal..Ak baru aja dari jogja minggu kemarin (kebetulan ada hari kejepit)..Jogja Emg enak bgt buat liburan, Mantebb Polll…… tapi kalo bisa jangan pas libur panjang! disana macet (mirip2 bandung pas weekend)…dan Hotel2 murah biasanya dah habis di booking orang yang mau backpackeran…

        Jd buat yang belum pernah kejogja, saranku harus disiapin dulu Hotel dan Transportnya…mending cari paket backpackeran, cm 500an/org (3hari 2 malem +hotel n transpot)…
        no nya 083866158384 (kalo masih ada ya paketnya..hehe)..soalnya waktu pertama ke jogja aku ambil paket ini, jd udah lama bgt..

        sandy said
        September 18, 2009 @ 2:53 am

        hi met kenal.. aku mo ke jogja tgl 30 nov- 02 des 2009.. btw ada hotel yg murah tidak yach? dan tempat penyewaan mobil?

        ada hotel murah, tapi jauh dari malioboro (150-250rb/mlm kmr AC n 70-150rb/mlm kmr non-AC)… no rental mobil murah sama kok kaya travel di atas (Tp namanya lupa!) coba aja, aku kalo kesana rental di dy terus.. 200rb/18 jam sudah trmasuk sopir tp mobilnya cm Panther sama APV…Lumayan lah..

        Oia, buat yg mau ke karimun ajak2 aku ya!!aku jg belum kesana nh, denger2 pantainya bgs bgt…

        Di tunggu ya info nya…

        Salam kenal…

    • ain_saint said

      q ainun (gresik)
      vea,,,,, q mw dumz,,,,

      tgl 31 okt bsk insy q mw maend k jogja,,,, pi cman 2hr,,, enagnya kmn yach??

  22. dharto said

    @ yulisa: bisa buka facebook backpacker indonesia, di topik “explore jogja” di link ini http://www.facebook.com/topic.php?uid=40571951979&topic=8062

  23. yulisa said

    hi aq org bandung ne,,bsa dapet inform tentang penginapan murah, tujuan wisata di jogja dll nya gimana y, soalnya november tahun ini berencana backpacking ke jogja, dan klo jadi ke jogja bulan nov ini, itu berarti kali pertama ke jogja dan butuh banget inform2 lengkap bwt ke jogja,, mohon bantuannya ya, biar perjalanannya asik, yang pasti seh inform2 penting buat backpacker low budget,,thanx b4

  24. alina said

    huh…
    aku jadi kangen sama jogja…
    jadi pingin kembali kesana bersama seseorang..
    ————————————————-

    wah..pasti mau mengenang kembali masa-masa bersama orang itu ya… :D

    -dHarto..!!-

    • alina said

      kalo di jogja pantai pasir putih berapa yah..
      dan bayar berapa yah???
      —————————————————-

      ada banyak pantai pasir putih di jogja, tapi di kabupaten gunung kidul, tapi akses ke sananya yang agak sedikit susah karena jarang kendaraan umum…

      tapi pantainya masih bagus..karena belum banyak wisatawan…

      bayarnya juga murah…retribusi masuk sekitar IDR 3000 – IDR 5000

      -dHarto..!!-

  25. Hi, aku tertarik pengen coba backpacker ke Jogja ne.
    Bisa bagi info tentang penginapan2 murah? dan tempat petualang di alam yg menarik? Mohon informasi jika berkenan. Terima kasih sebelumnya.

    Kentaro – Denpasar – BaLi

  26. Rizky said

    asik tp kurang seru bisa dijadikan salah stu alternatif

  27. diyniy said

    SEBEL!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    *PENGEN*
    Lama banget ga kesana…jadi kangen kampung halaman…
    hix hix…
    nabung ah, ntar jalan sendiri…..
    Hehe…..

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: